Linux Nusantara – Karya Anak Bangsa

Linux adalah operating system (sistem operasi) yang tidak membosankan karena memiliki berbagai jenis. Jenis linux lebih dikenal dengan istilah Distro. Indonesia patut bangga karena memiliki distro dari linux. Sebenarnya banyak sekali produk linux yang telah dikembangkan oleh orang Indonesia. Namun distro yang satu ini merupakan distro yang menunjukkan sisi ke-Indonesia-annya. Distro Nusantara 3 (Mahakam) merupakan distro desktop bagi pengguna Indonesia. Pengembangan lanjutan distro ini disponsori oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Meskipun disponsori oleh pemerintah, namun distro ini diharapkan dapat tumbuh dan dikembangkan oleh komunitas.


Nusantara 3 (Mahakam) dikembangkan dengan mengambil basis Fedora 9. Fedora merupakan salah satu distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Fedora. Distro ini awal mulanya adalah Red Hat, salah satu distro tertua yang dikenal keandalannya di bidang enterprise. Meskipun berasal dari Red Hat, namun dalam pengembangannya Yayasan Fedora berusaha lepas dari bayang-bayang Red Hat, dan berkeinginan menjadi distro yang 100% dikembangkan oleh komunitas.

Beberapa fitur dari Nusantara 3 ini adalah:

  1. Perbaikan fitur bluetooth
    Dukungan bluetooth yang lebih baik. Pemindahan data lewat handphone bluetooth atau media bluetooth lain dapat dilakukan secara otomatis lewat aplet bluetooth yang tersedia di panel.
  2. Percepatan startup dan shutdown
    Saat menyala pertama dan saat mematikan, versi Nusantara 3 relatif lebih cepat dari versi sebelumnya.
  3. Firefox 3
    Fitur firefox3 bisa dirujuk di website mereka di http://www.mozilla.com/firefox. Singkatnya versi ini lebih ringan, dengan dukungan add-on yang lebih banyak, serta dukungan pengecekan keamanan yang lebih baik.
  4. Atur ulang partisi pada saat instalasi
    Jika partisi penuh, Anda dapat menggeser partisi yang penuh yang masih memiliki ruangan yang cukup. Ini dapat dilakukan terbatas pada partisi yang disusun berdasarkan kaidah penyusunan partisi, sehingga dimungkinkan pembuatan partisi baru.
  5. Sistem Berkas Terenkripsi (Encrypted File System)
    Anda bisa memilih sistem berkas terenkripsi pada saat instalasi, maupun membuatnya setelah selesai atau pada saat distro sudah digunakan.
  6. Dukungan multimedia yang lebih lengkap dari Fedora
    Saat ini Nusantara 3 telah mendukung beberapa format multimedia umum seperti .avi, .wmf, DVD, .mp3, .wav, dan VCD.

Bagaimana? Tertarik dengan distro linux buatan anak Indonesia? Buktikan Rasa Kebangganmu sebagai bangsa Indonesia dengan mendownload dan memakainya dari situs ini

You may also like

Leave a Reply