Tips Transaksi Online dan Aman – FJB Kaskus

Internet bukan hanya sebagai media penyebaran informasi, namun juga bisa digunakan sebagai media publikasi mengenai barang yang menjadi produk kita (jual) atau bahkan barang yang kita butuhkan (beli). Saya sudah pernah merasakan pengalaman melakukan transaksi online. Syukurnya transaksi tersebut tidak cacat dan barang yang saya terima pun memuaskan. Berikut ini ada tips yang bisa anda pakai ketika akan melakukan jual beli online. Tips ini saya ambil dari kaskus sebagai komunitas terbesar di Indonesia + forum jual beli-nya yang terpercaya.



Untuk Pembeli

  1. Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi secara langsung (COD) jika memungkinkan
  2. Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada)



Tidak hanya barang saja yang harus anda teliti, namun penjual pun juga harus anda cermati tentang bagaimana kinerja mereka. Berikut ini cara untuk mengetahui kinerja penjual:

  1. Cari semua postingan si penjual
    cara mencari postingan si penjual adalah dengan meng-klik id si penjual dan pilih view public profile, klik pada bagian statistics, dan klik Find all threads started by ***, dimana *** adalah id user yang ingin kamu cari threadnya. Dengan cara ini akan dapat diketahui apakah seller masuk ke dalam daftar blacklist atau tidak. Penjual yang baik dan professional adalah mereka yang mempunyai sedikit thread, tapi dengan banyak reply dari para pembeli yang ingin berkonsultasi, sedangkan penjual yang mempunyai banyak thread akan sullit untuk memantau semua threadnya dan kesulitan menjalin hubungan dengan pembeli.
  2. Lihat testimonial (kesaksian) dari para pembeli yang pernah membeli dari penjual tersebut
    Dengan langkah diatas (mencari thread yang dibuat oleh penjual), Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja kaskuser yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh kaskuser dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik.Testimonial-testimonial dari penjual dapat dilihat di subforum khusus di fjb yaitu subforum Feedback dan Testimonial.
  3. Lihat reputasinya
    Walau reputasi bagus (berwarna hijau) tidak menjadi jaminan apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak, tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jika penjual belum mempunyai reputasi, apalagi jika reputasinya jelek (berwarna merah) Reputasi dapat dilihat pada bagian bawah dari user id. Reputasi belum tentu didapat berdasarkan baik/buruknya user tersebut menjual atau membeli barang, tapi ada kemingkinan didapatkan dari subforum-subforum lain di kaskus selain FJB (Forum Jual Beli), jadi jangan cuma melihat reputasinya saja dan memutuskan untuk langsung bertransaksi, periksalah hal-hal lainnya
  4. Bertanya dan atau konsultasi dengan sesama kaskuser
    Kaskuser dapat berinteraksi dengan yang lainnya di thread Pos Ronda FJB, disana kalian dapat menanyakan pendapat kaskuser lain tentang penjual yang barangnya hendak kamu beli, bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman, mengetahui modus-modus penipuan, dan lainnya, di thread ini biasanya terdapat informasi-informasi baru tentang nomor rekening blacklist, penjual bermasalah, dan lainnya.

Untuk Penjual
Pilih judul thread yang singkat dan mewakili produk yang kamu jual, jangan menggunakan singkatan, karena googlebot secara berkala akan mencantumkan thread dagangan kalian pada mesin pencari mereka, bayangkan kalau kamu jualan duren bangkok, tapi kamu tulis judul “mau yang enak dan murah?” memang judul kamu menarik orang untuk melihat isi thread kamu, tapi terdaftar di mesin pencari google dengan judul tersebut, jadi jika seandainya ada orang yang mencari duren di google tidak akan pernah melihat thread kamu, rugi kan? Tips untuk Penjual:

  1. Berikan deskripsi produk/servis yang anda tawarkan sejelas mungkin. Seperti ukuran, material, warna, berat, kondisi dll.
  2. Jaga reputasi anda (mutu barang/servis, perjanjian transaksi) dengan baik.

source : kaskus

You may also like

Leave a Reply