Tips Sukses Mengerjakan Soal UN 2010

Sebentar lagi UN akan dilaksanakan untuk adik-adikku yang masih duduk di bangku kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA. UN adalah suatu momok besar yang harus mereka hadapi demi mendapatkan sebuah pengakuan bahwa telah memahami materi akademik yang diajarkan selama ini. Tapi masalah besar itu akan sirna jika anda bisa menyiasatinya dengan baik. Berikut ini tips dan siasat agar tidak timbul masalah besar ketika adik – adik mengerjakan soal UN.

1. Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal
Berhubung jenis soal UN itu cenderung soal-soal pilihan ganda. Jadi menurut pendapat banyak orang (berpengalaman) lebih baik gunakan waktu belajar untuk latihan contoh-contoh soal. Baik ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya. Belilah buku-buku soal di toko buku, tingkatkan frekuensi latihan sesering mungkin, Sehingga ketika UAN anda akan terbiasa mengerjakan soal pilihan ganda.

2. Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar
Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selain sekolah yang mempunyai kisi-kisi Ujian Nasional, hampir semua bimbingan belajar memilikinya dan bahkan jitu dalam menentukan jenis soal apa yang keluar saat hari-H. Setiap bimbingan belajar pasti menjadikan kisi-kisi UN keluarannya sebagai produk unggulan yang dibanggakan untuk mendongkrak reputasinya.

3. Bikin Catatan Kecil di Satu Kertas HVS
Catatan ini bukan untuk contekan, tapi untuk mengingat saja. Jangan membawanya ketika hari-H karena itu bisa jadi masalah besar bagi anda. Tulislah review dari materi yang anda pelajari dalam bentuk se-menarik mungkin, entah dengan gambar atau tulisan berwarna – warni. Usahakan buat catatan sesingkat mungkin untuk melatih improvisasi anda dalam belajar. Bawalah catatan ini ke tempat – tempat favorit anda dan belajarlah di tempat tersebut. Ini telah saya buktikan dan terbukti ampuh untuk mengingat materi yang telah dipelajari.

4. Jangan Tegang (Rileks)
Hadapi UN dengan santai tapi serius. Pikirkan bahwa anda dapat melalui UN dan mendapatkan hasil yang baik. Tentunya usaha ini harus sebanding dengan usaha anda.

5. Persiapkan Segala Peralatan buat UN
Siapkan kartu ujian, alat tulis, dan jangan lupa untuk membawa sapu tangan / tissue. Jika semua perlengkapan sudah lengkap, pasti takkan ada yang dipikirkan lagi. Dalam mengerjakan ujian juga pasti akan jadi nyaman tanpa ada beban.

Cukup ini saja tips dari saya, semoga berguna. Jika ingin menambahkan, silahkan komentari artikel ini.

You may also like

Leave a Reply