Tips Sukses Warren Buffet

Warren Edward Buffett adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Beliau lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat pada tanggal 30 Agustus 1930. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha. Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi saham di perusahaan Berkshire Hathaway sebesar 38%. Dengan perkiraan pendapatan bersih AS$44 milyar pada 2005, dia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya kedua dunia menurut Forbes, di belakang Bill Gates. Dan pada tahun 2008, ia menggantikan posisi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes.

Orang seperti Warren Buffet tentunya memiliki tips sendiri agar bisa seperti sekarang. Inilah rahasia Warren Buffet yang berhasil saya dapatkan dari forum diskusi detik.

Kaya itu berasal dari pikiran / mindset

I always knew I was going to be rich. I don’t think I ever doubted it for a minute.” – Warren Buffett
“Saya selalu yakin ,bahwa Saya akan kaya dan tak pernah meragukanya biar semenit pun”

Perbedaan antara miskin dan kaya terletak pada mindset / cara berpikir mereka. Orang miskin selalu berpikir bahwa dia miskin dan kekurangan. Sedangkan yang kaya berpikir bahwa dirinya berlimpahan harta dan makmur. Keyakinan, keputusan yang anda ambil, dan Cara Anda Bertindak – lah yang menentukan kekayaan anda.

Judi adalah permainan orang tolol

1st Rule: Never lose money. 2nd Rule: Never forget rule No.1.” – Warren Buffett
“Aturan pertama: Jgn kehilangan uang. Aturan kedua: Jangan lupa aturan no 1”

Untuk pengusaha, hal ini bisa diartikan bahwa jangan mengecewakan pemilik saham. Berusahalah agar para pemilik saham memiliki kepercayaan terhadap usaha yang anda bina.

Berhati – hatilah dengan siapa anda bergaul

It’s better to hang out with people better than you. Pick out associates whose behavior is better than yours and you’ll drift in that direction.” -Warren Buffett
“Lebih baik berkumpul dengan orang – orang yang lebih baik dari kita. Carilah orang yang kebiasaan /sifatnya lebih baik darimu dan anda akan mengalir ke arah yg lebih baik.”

Jika anda ingin sukes secara finansial, anda perlu bergabung dengan orang – orang yang memberi dukungan dan enthusiasme pada visi Anda. Bila anda bergaul dengan orang yg menganggap uang jahat,alat kapitalisme dan kekayaan itu budaya asing; maka kesehatan keuangan anda akan dipengaruhi pandangan mereka.

Sukses lebih dari sekedar jumlah uang anda direkening bank

Success is really doing what you love and doing it well. It’s as simple as that. I’ve never met anyone doing that who doesn’t feel like a success. And I’ve met plenty of people who have not achieved that and whose lives are miserable.” -Warren Buffet
“Sukses adalah dapat mengerjakan sesuatu yang anda sangat sukai dan melakukannya dengan sangat baik. Secara mendasar, itulah arti sukses. Saya tidak pernah berjumpa dengan orang yang melakukan hal diatas tetapi tidak merasa sukses . Saya telah berjumpa dengan banyak orang yang tidak melakukannya dan hidupnya sangat menyedihkan.”

Saat ditanya CNBC Apa rahasia sukses, Buffet menjawab “Saat seseorang mencapai usia seperti saya serta punya orang yang mencintai dan dicintai, orang demikian dapat di kategorikan sukses” Tidak ada perbedaan antara mereka yang mempunyai ribuan atau milyaran dollar di bank.

Pengeluaran lebih kecil dari pendapatan

Saat anda berada di dalam kapal yang sedang bocor, energi yang digunakan untuk menukar kapal baru , lebih produktif daripada energi untuk menambal kebocoran kapal lama”

Buffet terkenal dengan cara hidupnya yang sederharna. Dia masih tinggal di rumah yang dibelinya tahun 1958 .Mengendarai mobil Lincoln tahun 2001 dan hidup dari gaji $100,000 per tahun dibanding dengan kekayaan bersihnya yang senilai $52 miliar. sungguh pengeluaranya yang sangat kecil, salut

Jauhilah berhutang untuk kebutuhan konsumsi

Buffet menjauhi hutang konsumsi ,tapi berhutang dengan bijak sebagai investasinya. Maksudnya adalah gunakan kesempatan berhutang untuk membuka usaha. Karena dengan hal itu akan membuat anda memiliki penghasilan serta mampu mengembalikan hutang yang anda miliki.

Sumbanglah ke masyarakat

Of the billionaires I have known, money just brings out the basic traits in them. If they were jerks before they had money, they are simply jerks with a billion dollars.” – Warren Buffett
“Dari banyak milyarder yang kukenal, uang adalah cermin karakter dalam diri mereka. Jika mereka orang tolol, sebelum mendapatkan uang mereka juga akan jadi orang tolol dengan milyaran dollar”

Tangan di atas memang lebih baik daripada tangan di bawah. Juni 2006 lalu, Buffett mendermakan sebagian besar sahamnya di Berkshire. Total dermanya saat itu mencapai US$ 31 miliar (sekitar 300 triliun rupiah), hampir separuh anggaran belanja negara (APBN) kita tahun lalu! Tak mengherankan jika amal itu tercatat sebagai donasi terbesar dalam sejarah Amerika. Uniknya, sebagian derma itu diserahkan ke Bill and Melinda Gates Foundation. Dana tersebut merupakan dua kali dana yang biasa dikumpulkan yayasan Bill and Melinda Gates selama ini.

Kemurahan hati dan kelimpahan berjalan seiring

Even though Ben Graham [Buffett’s mentor] had everything he needed in life, he still wanted to give something back by teaching, So just as we got it from somebody else, we don’t want it to stop with us. We want to pass it along too.” – Warren Buffett
“Walau Ben Graham (guru Buffet), mempunyai segalanya dalam hidup ini, dia ingin menyumbang sesuatu, yakni dengan mengajar. Sama seperti kita diberi kemurahan oleh orang lain. Kami tidak ingin berkat itu berhenti di kami, kami ingin berkat itu berkelanjutan kepada yang lain.”

You only have to do a very few things right in your life so long as you don’t do too many things wrong.” – Warren Buffett
“Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang tepat dalam hidup ini, asalkan anda tidak melakukan terlalu banyak hal yang salah.”

————————————————-

Itu tadi merupakan rahasia kesuksesan Warren Buffet hingga menjadi orang terkaya di dunia. Beliau juga berpesan pada kaum muda agar :
Stay away from credit cards and invest in yourself and remember.
“Hindari penggunaan kartu kredit, tanamkan pada dirimu hal ini”

  1. Uang tidak menciptakan manusia.
  2. Namun manusia bisa menciptakan uang.

  3. Jalani kehidupan anda sesederhana diri anda sendiri
  4. Yang penting diri Anda nyaman.

  5. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan
  6. Dengarkan saja mereka, namun lakukanlah hanya apa yang membuat Anda merasa nyaman.

  7. Jangan membeli barang karena merknya
  8. Kenakanlah pakaian yang memang membuat anda merasa nyaman.

  9. Jangan menghabiskan uang anda untuk barang-barang yang tidak penting
  10. Gunakanlah uang secara bijaksana untuk kebutuhan yang memang benar-benar anda perlukan.

Akhirnya, ini semua adalah kehidupan anda. Hidup ini hanya sekali. Mengapa anda harus memberikan orang lain kesempatan untuk mengatur hidup anda?. Hiduplah dengan gaya anda sendiri, yang penting anda senang, anda puas, anda nyaman, dan anda bahagia

Sumber : detik dan kaskus

You may also like

3 Comments

  1. wow..warren buffet hanya menggunakan 1%dari kekayaannya..sisanya disumbangkan ke yayasan sosial..benar – benar orang yang hebat..

Leave a Reply