SUBSCRIBE to our newsletter

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.

Tips-tips berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita:

Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.

Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.

Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.

Belajar apapun
Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.

Jika anda ingin bekerja sampingan, usahakan bekerja sambil belajar. Jadi misalnya anda sedang belajar komputer, carilah pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Karena hal ini bisa anda pakai sebagai penerapan atas ilmu yang anda dapatkan selama proses belajar.

Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Bergabunglah dengan forum yang sesuai dengan minat anda di internet.

Banyak forum yang bisa anda kunjungi seperti kaskus yang merupakan forum terbesar di Indonesia (dengan sejuta lebh member). Saya sendiri adalah anggota dari forum kaskus. di forum tersebut anda bisa berkenalan dengan banyak orang dan saling bertukar pikiran tentang suatu permasalahan. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi kaskuser?

Bergaul dengan orang optimis dan selalu berpikir positif
Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

Pengalaman ini pernah saya rasakan sendiri. Saya memiliki teman yang tidak mampu, dimana dia tidak memiliki buku namun masih bisa berprestasi. Dia mencatat isi penting dari buku milik teman – temannya dan kemudian dipelajari di rumah. Sebuah usaha dan kemauan yang keras untuk sukses adalah kunci dari keberhasilan anda.

Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

Memang hal ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan prestasi belajar. Misalnya, berilah kekasih anda hadiah ketika ia memperoleh hasil baik. Atau mungkin anda ingin mencontoh tips teman saya yang bersaing dengan pacarnya untuk mendapatkan nilai baik? Jadi dengan hal itu anda bisa mengubah image pacaran yang selama ini menjadi kontroversi di kalangan masyarakat.

Resep sukses: “Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap.” – William A. Ward

Selamat mencoba.

Sumber : kaskus

Share Post :

More Posts

Leave a Reply