Teknologi – Hati-hati Pencurian Password Dengan Modus Social Engineering

Hati – hati dengan penipuan yang mengatasnamakan pihak yahoo yang sedang saya alami sekarang (saya tidak kena tipu lho!). Berikut ini screenshot yang saya ambil dari inbox email yahoo saya.

Berikut ini cuplikan isi emailnya.

Dear Valued Member,

Due to the congestion in all Yahoo!users accounts, Yahoo! would be shutting down all unused accounts. In order to avoid the deactivation of your account, you will have to confirm your e-mail by filling out your Login Info below by clicking the reply button. The personal informations requested are for the safety of your Yahoo Account. Please FILL IN all requested informations.

Username:.. ……………………
Password:……….. …………… .
Date Of Birth:………………….
Gender:…………………………
Occupation: … ……………
Country Of Residence: ……….

Yahoo! Customer Care

Case number: 8941624
Property: Account Security
Contact date: 06-02-2010

Jika anda merasa inbox anda dikirimi email yang isinya hampir mirip dengan contoh di atas jangan sekali – sekali membalas email itu (jika tidak yakin) sesuai dengan yang mereka harapkan karena itu merupakan salah satu modus social engineering. Social engineering adalah modus tipu daya yang digunakan untuk mendapatkan data korbannya. Jika ingin tahu lebih banyak, silahkan searching saja di google

Jika anda sudah terlanjur mengisi data yang mereka berikan, segera ganti password anda secepat mungkin. Dengan begitu, mereka tidak bisa lagi mengakses email anda yang notabene merupakan sarana anda untuk mendaftar menjadi anggota di situs lain.

Tips yang bisa saya berikan ketika anda bingung dalam membedakan mana email yang memang asli dari yahoo.inc adalah dengan memperhatikan ikon kecil yang ada di kolom sender (pengirim). Ikon yang saya maksud tersebut adalah seperti ini.

Jika terdapat ikon kunci diatas amplop pada kolom pengirim maka dapat dipastikan bahwa pengirim tersebut adalah merupakan pihak yahoo.inc

Semoga informasi ini berguna untuk kita semua. Selalu berhati – hatilah dan jangan sampai anda tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab melalui dunia maya.

Sekian terima kasih.

You may also like

Leave a Reply