Facebook akan membuat layanan email seperti yahoo mail dan google mail dan mereka siap untuk bersaing pula dengan situs penyedia email yang kini terkenal (yahoo mail & google mail)

Kabar yang saya dapatkan dari okezone ini didapat dari orang dalam Facebook yang juga menyebutkan rencana peluncuran layanan webmail secara internal yang disebut sebagai Project Titan. Layanan email tersebut nantinya diharapkan bisa mengalahkan Gmail, produk webmail besutan Google.

Sebelumnya Facebook telah bereksperimen dengan berbagai pengembangan fitur messaging, salah satunya adalah dengan menambahkan kemampuan pencarian pesan. Namun eksperimen ini akhirnya tidak berhasil karena dianggap tidak bermanfaat bagi para pengguna.

Namun kali ini, melalui Project Titan, Facebook nampaknya berupaya memberikan inovasi yang sesungguhnya dalam layanan messaging. Sumber Facebook tersebut bahkan dengan sangat percaya diri menyebutkan, Project Titan akan membuat para pengguna layanan webmail lainnya beralih ke layanan messaging milik facebook. Demikian keterangan yang dikutip dari Techcrunch, Minggu (7/2/2010).

Sesuai bocoran dari sumber tersebut, webmail Facebook nantinya akan mendukung POP/IMAP. Artinya pengguna bisa mengakses akun email Facebook menggunakan peranti lunak apapun. Peranti lunak yang dimaksud disini adalah peranti lunak sejenis mail server, seperti mozilla thunderbird. Nama akun email pun akan sama dengan nama akun Facebook si pengguna, yaitu namapengguna@facebook.com.

Pihak Facebook belum secara resmi mengumumkan soal layanan ini. Belum pula ada tanggal pasti layanan ini akan segera diluncurkan. Namun yang jelas, Project Titan ini dipersiapkan menggantikan sistem messaging yang ada di Facebook sekarang.

Menurut opini saya, memang terobosan facebook yang satu ini termasuk ide cemerlang dimana pengguna facebook saat ini menembus 350 juta orang. Selain itu, penggunaan layanan POP3 semakin mempermudah pengguna facebook mail dimana mereka bisa mengakses langsung email tanpa harus membuka situs facebook. Salut untuk facebook, semoga dengan munculnya facebook mail bisa meningkatkan komunikasi kita semua.

Sekian.

Sumber : okezone