Teknologi – Sekilas Tentang Supercomputer

SupercomputerSupercomputer adalah jenis komputer terbaik yang digunakan untuk pengolahan data, terutama kecepatannya dalam perhitungan. Supercomputer pertama kali diperkenalkan pada 1960 oleh Seymour Cray. Ia bekerja pada sebuah perusahaan komputer terkenal saat itu, Control Data Corporation (CDC). Perusahaan ini memimpin pasar komputer saat itu hingga sekitar tahun 70’an, sampai Cray meninggalkan CDC dan membentuk sendiri perusahaannya (Cray Research). Setelah keluar dari CDC, Cray mendesain sendiri supercomputer dan berhasil menguasai menguasai pasar sekitar 5 tahun (1985 – 1990). Sekitar tahun 80’an mulai banyak perusahaan yang melirik produksi supercomputer dan menjadi kompetitor dalam pasar penjualan supercomputer.

Supercomputer sebenarnya adalah sebuah komputer yang biasa kita lihat. Namun yang membuatnya berbeda dengan komputer biasa (PC) adalah modifikasi yang dilakukan terhadap komponennya, seperti kecepatan. Sebuah supercomputer membutuhkan kecepatan yang tinggi agar bisa mengerjakan banyak tugas pada saat yang bersamaan. Memori pada supercomputer didesain khusus agar prosessor tetap mengerjakan tugasnya setiap waktu.

Sekarang supercomputer banyak digunakan dalam penyelesaian masalah kompleks seperti fisika kuantum, peramalan cuaca, penelitian iklim, permodelan molekul, simulasi percobaan fisika. Semua permasalahan di atas membutuhkan perhitungan yang cepat dan tepat sehingga pengunaan supercomputer sangatlah tepat jika dibandingkan dengan menggunakan komputer biasa (PC).

Layaknya komputer biasa, perkembangan supercomputer sangatlah pesat. Berikut ini adalah 10 urutan terbaik supercomputer berdasarkan komponen yang menyusunnya.

  1. Jaguar – Cray XT5-HE Opteron Six Core 2.6 GHz
  2. Roadrunner – BladeCenter QS22/LS21 Cluster, PowerXCell 8i 3.2 Ghz / Opteron DC 1.8 GHz, Voltaire Infiniband
  3. Kraken XT5 – Cray XT5-HE Opteron Six Core 2.6 GHz
  4. JUGENE – Blue Gene/P Solution
  5. Tianhe-1 – NUDT TH-1 Cluster, Xeon E5540/E5450, ATI Radeon HD 4870, Infiniband
  6. Pleiades – SGI Altix ICE 8200EX, Xeon QC 3.0 GHz/Nehalem EP 2.93 Ghz
  7. BlueGene/L – eServer Blue Gene Solution
  8. Blue Gene/P Solution
  9. Ranger – SunBlade x6420, Opteron QC 2.3 Ghz, Infiniband
  10. Red Sky – Sun Blade x6275, Xeon X55xx 2.93 Ghz, Infiniband

Kualifikasi di atas berdasarkan data yang saya dapatkan dari top500 yang surveinya dilakukan pada bulan Oktober 2009. Mungkin sekarang telah muncul teknologi yang lebih canggih dibandingkan Jaguar.

Berikut ini akan saya paparkan sedikit mengenai raja supercomputer saat ini (Maret 2010).

Jaguar supercomputerCray XT5 adalah versi terbaru dari Cray XT4 yang diluncurkan pada tanggal 6 November 2007. Cray XT5 adalah versi yang lebih cepat dari SeaStar2 milik XT4. Interkoneksi router yang dimiliki oleh XT5 disebut dengan SeaStar2+. Cray XT5 memiliki empat soket prosesor dual-core AMD Opteron, dengan delapan soket mendukung dual atau quad core Opteron. XT5 menggunakan topologi jaringan torus 3-dimensi .

Sedangkan varian XT5m merupakan superkomputer kelas menengah dengan sebagian besar fiturnya adalah milik XT5. Perbedaanya dengan XT5 karena hanya memiliki topologi jaringan torus 2-dimensi dan berskala sampai 6 lemari.

Pada musim gugur tahun 2008, Cray berkapasitas 1,3 petaflops mendukung penelitian di pusat nasional komputerisasi ilmu pengetahuan (Oak Ridge National Laboratories). Sistem ini, dengan lebih dari 150.000 core dijuluki “Jaguar” dan merupakan sistem tercepat kedua di dunia dibawah LINPACK. Sistem Cray XT5 juga merupakan sistem tercepat yang tersedia untuk membuka ilmu pengetahuan dan sistem pertama yang melebihi kinerja berkelanjutan petaflops pada aplikasi ilmiah 64-bit .

Sumber : informatika

You may also like

Leave a Reply