Installasi OpenCV di DevC++

OpenCV adalah compiler C++ yang digunakan untuk mengolah kode di dalamnya menjadi sebuah aplikasi berbasis computer vision. Computer vision adalah salah satu dari sekian banyak konsentrasi studi dalam dunia programming. Untuk Anda yang sedang belajar pattern recognition, Compiler ini sangat cocok digunakan karena sifatnya yang free alias gratis. Selain itu, compiler ini bisa diintegrasikan juga dengan IDE C++ yang bersifat free namun berkualitas baik (DevCpp). Mengapa DevCpp saya katakan IDE C++ berkualitas baik? Itu karena saya sendiri fanatik dalam menggunakan DevCpp untuk mengolah kode C++. Bagi Anda yang juga memiliki fanatisme sama seperti saya, bisa mencoba langkah-langkah di bawah untuk meng-install OpenCV sebagai compiler di DevCpp Anda.


Berikut ini langkah yang bisa Anda tempuh,

    1. Pastikan Anda sudah memiliki DevC++. Jika belum, silahkan download DevC++ versi 5 beta disini.

 

  • Pastikan pula Anda telah memiliki OpenCV. Namun jika belum, silahkan download disini

 

 

  • Jika semua paket sudah didownload, waktunya untuk menginstall DevC++ (bagi yang belum meng-install-nya) dan OpenCV. Install saja seperti biasa sampai ditemukan kata finish

 

 

  • OpenCV sudah diinstall, sekarang waktunya mengintegrasikannya ke dalam Dev C++ sebagai salah satu compiler.

 

 

  • Buka Dev C++ dan arahkan perhatian Anda pada menu bar. Cari Tools dan klik Compiler Options.

 

 

  • Sekarang di layar komputer sudah muncul Window baru berjudul Compiler Options. Samakan settingan yang ada di komputer Anda dengan gambar di bawah.

 

 

  • Sebagai review, perubahan dari default adalah dengan membuat nama compiler baru dan menyertakan linker (-llibcxcore200 -llibcv200 -llibcvaux200 -llibhighgui200 -llibml200) ke dalam tab Compiler.

 

 

  • Masih di window yang sama, klik tab Directories dan Anda akan langsung masuk ke bagian Binaries. Samakan settingannya dengan menambahkan directory bin yang ada di folder installasi OpenCV ke dalam tab Binaries.

 

 

  • Sekarang masuk ke tab Libraries, samakan settingan dengan gambar di bawah dengan memasukkan directory lib dari folder installasi OpenCV.

 

 

  • Masih semangat? sekarang masuk ke tab C Includes, tambahkan folder includeopencv dari folder installasi OpenCV.

 

 

  • Beralih ke tab C++ Includes, lakukan langkah yang sama dengan langkah sebelumnya karena folder yang dimasukkan adalah sama.

 

Sekarang compiler OpenCV bisa Anda gunakan di DevC++. Silahkan coding dengan menggunakan library yang ada di OpenCV. Selamat berjuang.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply