Ekspor Data Ms. Excel 2007 (*.xls) ke dalam MySQL


Cara yang paling mudah untuk membuat data dalam sebuah database adalah melalui Microsoft Excel. Pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan cara bagaimana untuk memindahkan data yang sudah Anda buat dalam bentuk *.xls sehingga bisa menjadi sebuah tabel di MySQL. MySQL yang saya pakai adalah MySQL yang sudah terintegrasi dengan XAMPP. Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda sudah memiliki Microsoft Office 2007. Selain itu, pastikan pula di komputer Anda sudah terinstall MySQL Connector ODBC (bisa di-download disini) dan XAMPP (download disini).

Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus Anda lakukan agar MySQL dapat menerima data dari sebuah file bertipe *.xls.

  1. Pastikan MySQL Connector ODBC, XAMPP, dan Microsoft Office sudah terinstall di komputer Anda.
  2. Buka Ms. Office Access 2007. Ketika sudah terbuka, pilih Open atau tekan saja Ctrl+O.
  3. Pilih file bertipe *xls atau *xlsx dengan fasilitas All Files di bagian Files of type.
  4. Ketika file sudah dipilih, akan tampil window yang menampilkan data. Beri tanda centang pada First Row Contains Column Headings
  5. Ketika sudah dicentang, baris pertama dalam data akan otomatis menjadi nama kolom. Jika baris pertama bukan nama kolom maka perbaiki dulu di dalam Ms. Excel 2007. Namun jika sudah, klik saja finish.
  6. Sekarang database sudah terisi dengan data yang sudah dibuat di dalam Ms. Excel 2007. Klik kanan database tersebut dan pilih Export dan pilih ODBC Database.
  7. Akan muncul window seperti di bawah, ketikkan karakter yang nantinya akan menjadi nama tabel di dalam MySQL. Jika sudah, klik Ok. Dalam contoh, tabel saya beri nama ‘kota’.
  8. Sekarang muncul window baru seperti gambar di bawah. Apa Anda sudah memiliki koneksi dengan connector ODBC? Jika belum, baca saja tutorial cara untuk menambah koneksi Ms Access terhadap DBMS lainnya. Tapi jika ada, pilih koneksi tersebut dan klik Ok.
  9. Window dari MySQL ODBC Connector akan muncul untuk meminta autentikasi terhadap database yang akan dipilih sebagai inang dari tabel yang Anda buat. Masukkan username dan password dari akun MySQL Anda. Jika akun yang Anda masukkan benar, maka daftar database yang ada dalam phpmyadmin akan muncul dalam list. Pilih database yang menjadi tujuan Anda.
  10. Langkah terakhir, klik Ok maka tabel yang sudah diekspor tersebut sudah menjadi salah satu tabel dalam database yang sudah Anda pilih.


Sumber : Eksperimen Sendiri

You may also like

1 Comment

Leave a Reply