Bahaya Memakai Sandal Jepit

Ilustrasi Sandal Jepit

Sandal adalah salah satu kelengkapan tubuh yang wajib dipakai ketika keluar rumah. Alasan orang memakai sandal adalah untuk menjaga kebersihan kaki dan keindahan tentunya. Ketika berbicara tentang sandal, kita khususkan saja pembicaraan kali ini pada sandal jepit.

Sandal jepit memiliki kualitas yang bervariasi. Ada yang berharga ribuan rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Namun tahukah Anda bahwa sandal jepit dapat mengganggu kesehatan?

Banyak penelitian tentang sandal jepit mengeluarkan pernyataan bahwa penggunaannya dapat menyebabkan cedera yang awalnya hanya pada kaki, kemudian pergelangan kaki, lutut, pinggul dan berakhir di punggung. Cedera tersebut adalah awal dari sebuah penyakit serius, yakni kerusakan tulang yang parah, tendon, dan kerusakan sendi.

Penyakit tersebut disebabkan karena pemakaian sandal jepit, dimana jari-jari kaki menjepit sandal agar alasnya tetap menempel di kaki. Hal ini dapat menyebabkan langkah menjadi semakin pendek dan ketidak-tepatan kaki dalam menapak tanah. Hal tersebut dapat diartikan bahwa beban tubuh berpindah ke atas kaki dan menambah tekanan pada tubuh bagian bawah.

Sayangnya, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mengatasi tekanan yang demikian. Sifat elastisitas dan kurang nyamannya desain sandal jepit menyebabkan kaki saling menekuk ke arah dalam. Selain itu, bentuk sandal jepit yang datar (biasa ditemukan pada sandal jepit murah) menyebabkan telapak kaki yang semula tidak datar menjadi datar.

Tidak hanya itu saja, sandal jepit adalah sandal yang terbuka sehingga memungkinkan penggunanya untuk terluka, memar, digigit serangga, dan bahkan masuknya kotoran ke kaki. Masalah yang sering kita temui adalah terkilir karena tipisnya permukaan bawah sandal sehingga tidak mampu menambah gaya gesek dengan tanah.

Jadi, bagaimanakah sandal jepit yang baik untuk kesehatan tubuh?

Pilihlah sandal jepit yang desainnya pas

Desain sandal yang pas meliputi desain lekuk kaki dan desain untuk tumit sehingga memungkinkan sandal untuk mengurangi ketidakstabilan ketika tumit menghentak tanah.

Jangan memilih sandal jepit dengan bahan yang tidak tepat

Pilihlah sandal jepit dengan busa yang pas dan nyaman di kaki. Perhatikan pula ketebalan busa dan kepadatannya. Tekuk sandal jepit, jika bagian tumit dan jari kaki bertemu maka kemungkinan besar bahan itu tidak cocok bagi kaki Anda.

Perhatikan tali sandal

Pilihlah tali sandal yang lembut bagi kaki Anda. Hindari bahan yang terbuat dari plastik atau yang terlalu tipis karena dapat memotong kulit Anda.

Perhatikan budget

Jangan sampai mengorbankan banyak uang untuk membeli sandal jepit. Lebih baik membeli sepatu daripada membeli sandal jepit. Tapi kalau Anda punya uang lebih, kenapa tidak membeli keduanya saja? Hehe.

Perhatikan pemakaian sandal jepit

Jangan terlalu sering memakai sandal jepit terutama dalam kegiatan olahraga, dan kegiatan berat lainnya. Menggunakan sepatu lebih baik daripada menggunakan sandal jepit dalam kegiatan tersebut.

Itu tadi saran saya mengenai pemilihan dan penggunaan sandal jepit. Untuk selanjutnya, Saya serahkan kepada Anda.

Sumber : huffington post

You may also like

Leave a Reply