e-Commerce Rasa Indonesia

Ide dan Bisnis Start Up

Melihat banyak sekali tekad pemuda Indonesia dalam mengembangkan bisnis di dunia maya, saya jadi minat untuk menulis sedikit tentang mereka.

Bisnis Start Up menjadi pelopor dalam perkembangan e-Commerce di Indonesia. Berangkat dari trend social media yang booming melalui facebook, twitter, youtube, dll – banyak pemuda Indonesia yang terinspirasi untuk membuat hal serupa tapi lebih berwarna. Contohnya adalah situs gantibaju.com dan nyanyiyuk.com

Sebelum mengetahui bisnis Start Up lebih jauh, ada baiknya kita tahu arti dari Start Up itu sendiri. Bisnis Start Up adalah bisnis yang bisa dikatakan baru dimulai. Yang mereka jual, bisa apa saja. Internet adalah media yang mempopulerkannya.

Bisnis yang awalnya kebanyakan berasal dari dana pribadi, kini menjadi bisnis yang menguntungkan. Yang saya tahu semua itu tidaklah semudah membalikkan tangan. Blog ini yang sudah saya pelihara selama berpuluh-puluh tahun saja ratingnya masih rendah. Berbeda dengan web dan konten yang mereka tawarkan, pengunjungnya bisa mencapai puluhan ribu dalam sehari saja. Apa penyebabnya? Kalau disimak lebih lanjut, keunikan konten itulah yang sebenarnya menjadi kunci kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis Start Up.

Ada yang mengatakan bahwa untuk laku di pasaran, bisnis Start Up harus melaksanakan riset pasar dan strategi branding secara mendalam. Itu benar sekali. Selain itu dosen e-Commerce saya pernah berkata bahwa untuk menjadi follower sangatlah mudah. Namun untuk menjadi pelopor, itu yang sulit. Orang akan lebih tertarik pada sesuatu yang baru atau modifikasi dari yang lama dibandingkan dengan sesuatu yang bersifat tiruan.

Bukan hanya ide, dukungan dari pihak lain juga sangat minim dalam perkembangan e-Commerce di Indonesia. Banyak investor yang kurang tertarik pada produk maya. Mereka lebih mengutamakan berinvestasi pada sumber daya alam daripada bisnis Start Up.

Namun, sebenarnya peluang untuk berkembang di dunia maya sangatlah lebar.  Tinggal bagaimana cara pebisnis itu mengembangkan produk mereka dan membuatnya bermanfaat bagi para penggunanya.

Salut untuk pemuda – pemudi Indonesia yang telah meluangkan waktunya dalam menciptakan sesuatu out of the box. Semoga hal ini menjadi semangat untuk pemuda – pemudi Indonesia yang lain dalam mengharumkan nama bangsa sesuai dengan keahliannya masing-masing.

You may also like

Leave a Reply