Kenapa Septic Tank Bisa Meledak?

Penjelasan ledakan septic tank

Ledakan septic tank bisa terjadi karena penuhnya gas yang di-dekomposisi oleh limbah alami tubuh manusia (baca : feses). Nah, untuk mengurangi resiko penuhnya gas di dalam septic tank, maka dibuatlah saluran udara yang sering kita temui dalam bentuk seperti gambar di bawah.

Pipa septic tank

Jangan remehkan fungsi pipa di atas. Kasus ledakan septic tank yang terjadi di Banten belakangan ini karena tidak adanya pipa sejenis itu. Meski ada air yang mengalir, tetap saja gas memiliki massa lebih ringan. Jadi gas berada di atas air tanpa terpengaruh oleh aliran air.

Sedikit-sedikit gas yang terkumpul itu akhirnya menjadi bukit. Waktu gas ini bertemu dengan udara bebas, ledakan sudah tidak bisa dihindari karena adanya reaksi pembakaran secara spontan. Tau sendiri akibatnya, meledak deh

Nah, saran saya bagi orang yang ingin membangun rumah, jangan lupakan untuk mempertimbangkan saluran udara septic tank. Saluran udara ini tentunya harus berada di luar rumah.

Kalau di dalam rumah, pasti menyesal kemudian.

2 Balasan untuk “Kenapa Septic Tank Bisa Meledak?”

  1. bagus artikael nya mas anom..ttg septic tank..yg justru sangatt berguna..menghindari..kecelakaan besar di rmh…yg ternyata juga banyak diremehkan org..krn ketidak tauannya…sangat menyedihkan skl..seharusnya juga..pengetahuan ini dimasukan dlm kurikulum..walau mungkin sepintas saja..tp sangaat menolong ketidak tahuan banyak orang..sekalilagi sy ucapkan trm kasih mas Anom…

Tinggalkan Balasan