Tips Membersihkan Sofa

Ilustrasi Sofa

Namanya juga barang yang sering digunakan, sofa tentu bisa kotor dan terkena noda. Anda bisa saja mengirimkan sofa ke tempat pencucian profesional jika merasa kerepotan untuk membersihkan sendiri. Namun, jika Anda punya waktu luang, berikut ada beberapa tips membersihkan sofa yang bisa diikuti :

  1. Siapkan alat penghisap debu (vacuum cleaner), sikat pemoles, sampo karpet, leather oil, furniture oil, dan penghilang noda. Semua itu bisa Anda beli di toko perkakas.
  2. Campurkan sampo dan air dengan perbandingan 1:5. Sesuaikan dengan tingkat kekotoran sofa. Tambahkan sedikit penghilang noda bila sofa sangat kotor. Masukkan campuran tadi ke dalam botol penyemprot.
  3. Sedot debu pada sofa. Jangan lewatkan bagian lipatan
  4. Semprotkan sampo karpet ke bagian sofa yang ingin Anda cuci. Sikat bagian tersebut sampai bersih.
  5. Lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai seluruh sofa menjadi bersih.
  6. Jika perlu, lihat secara detail apa masih ada noda. Bila ada, perhatikan apa itu noda minyak, darah, karat, atau tinta. Bersihkan semuanya menggunakan bahan kimia penghilang noda sesuai dengan jenisnya.

Sebelum melakukan itu semua tentunya jangan lupa untuk berdoa menurut agama agar apa yang kita kerjakan dapat bermanfaat. Selamat membersihkan sofa.

Sumber : Harian Media Indonesia

You may also like

Leave a Reply