Merayakan Hari Bumi

Selamat Hari Bumi

Sayang rasanya jika melewatkan Hari Bumi hanya dengan perayaan seremonial setiap tanggal 22 April. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi.

  1. Menanam pohon. Pohon mampu mengurangi emisi gas rumah kaca, membersihkan polusi udara, menahan tanah dan mencegah erosi, serta menjadi habitat untuk beragam keanekaragaman hayati. Carilah informasi tentang varietas pohon yang cocok ditanam di lingkungan sekitar Anda.
  2. Membuat prakarya alami di rumah atau sekolah. Ada banyak prakarya dari barang bekas yang bisa dibuat bersama-sama; contohnya rumah burung untuk membantu meningkatkan populasi burung lokal, yang berperan penting dalam ekosistem.
  3. Belajar lebih banyak tentang lingkungan. Hari Bumi adalah momen yang tepat untuk mulai berkomitmen mengedukasi diri sendiri dan orang lain tentang lingkungan, dan bagaimana cara melindunginya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengadakan lokakarya pelestarian lingkungan atau pembuatan produk daur ulang.
  4. Lakukan 3R (reduce – reuse – recycle) sepanjang hari. Kurangi pakai – ulang, dan daur-ulang sebanyak yang Anda bisa. Hindari membeli produk dengan kemasan yang boros.
  5. Donasikan barang – barang bekas Anda alih-alih membuangnya. Pakaian, peralatan elektronik, buku, dan mainan anak adalah contoh-contohnya.
  6. Menghemat energi. Matikan lampu ketika keluar ruangan, gunakan air seperlunya, cabut steker listrik peralatan rumah tangga ketika tidak dipakai.
  7. Melakukan kerja bakti. Hari Bumi jatuh pada Jumat, menjadikannya waktu yang tepat untuk melakukan ‘Jumat bersih’.
  8. Adakan acara bertema Hari Bumi di komunitas Anda. Anda bisa mengadakan pameran Hari Bumi, dengan produk-produk yang bisa dipamerkan misalnya produk-produk ramah lingkungan atau hasil daur ulang, makanan sehat atau produksi lokal, dan demonstrasi perawatan binatang. Acara-acara lain misalnya penggalangan dana untuk pelestarian lingkungan, atau konser musik yang memainkan lagu-lagu bertema lingkungan dengan alat-alat musik yang minim tenaga listrik.
  9. Kenakan pakaian berwarna hijau atau cokelat, atau dengan tulisan-tulisan bertema lingkungan.
  10. Ajak teman – teman untuk berbincang dan berbagi kepedulian tentang lingkungan.
  11. Memasak menu khusus Hari Bumi. Masaklah hasil bumi lokal, pilihlah yang organik jika mungkin. Hias meja makan dengan dekorasi dari barang-barang hasil daur ulang.
  12. Istirahatkan kendaraan bermotor pribadi Anda. Kendarailah angkutan umum, sepeda, atau berjalan kaki.
  13. Implementasikan gaya hidup cinta lingkungan. Lakukan hal-hal di atas tidak hanya satu kali setahun, tapi mulailah untuk terbiasa melakukannya setiap hari.

Itu tadi adalah tips bagaimana merayakan hari bumi secara tertulis, berikut ini saya sertakan pula video lagu yang berjudul “Jika Bumi Bisa Bicara” yang dibawakan oleh Katon Bagaskara dan Nugie.

Semoga dengan tips dan lagu di atas akan semakin membuka pikiran kita untuk semakin menyayangi bumi.

Sumber : Harian Media Indonesia

You may also like

Leave a Reply