Disiplin Waktu Untuk Tidur

Adik Bayi Tidur
Ilustrasi tidur nyenyak

Memasuki masa kuliah yang begitu sibuk, banyak sekali waktu tidur yang tersita untuk mengerjakan tugas kuliah. Hal ini sudah lumrah bagi saya dan mungkin mahasiswa lainnya.

Nah, artikel berikut ini akan membahas pentingnya tidur dan kapan waktu yang terbaik untuk tidur setiap harinya. Tidur malam yang tepat bukan hanya untuk menghilangkan rasa lelah, namun juga berfungsi sebagai penyegar dan pembuang zat-zat beracun yang dilakukan saat tidur. Menurut Anda, pada jam berapa sebaiknya kita tidur malam? Berikut ini adalah jam biologis tubuh saat kita tertidur, semoga cocok dengan jawaban Anda tadi.

Pukul 21.00 – 23.00

Malam hari adalah waktu pembuangan zat-zat yang tidak berguna/beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini, kita harus dalam suasana tenang atau mendengarkan musik. jangan sibuk bekerja di waktu-waktu ini.

Pukul 23.00 – 01.00

Dinihari merupakan terjadinya proses detoxin dibagian hati yang berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Pukul 01.00 – 03.00

Dinihari proses detoxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Pukul 03.00 – 05.00

Dini hari terjadi detoxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk selama durasi waktu ini. karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pukul 05.00 – 07.00

Detoxin dibagian usus besar, disarankan untuk buang air.

Pukul 07.00 – 09.00

Pagi dimana merupakan waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, disaranakn untuk sarapan pada durasi ini.

Artikel ini hanyalah sekedar saran bagi pembaca yang sering begadang tanpa tujuan yang jelas. Tapi bagi yang begadang untuk mengerjakan tugas, silahkan menunaikan tugas Anda dengan baik. Usahakan tidak menghabiskan setiap malam dengan begadang. Atur waktu tidur agar di keesokan harinya Anda menjadi bugar dan siap menjalani aktivitas kembali.

Mari memulai hidup sehat dari sekarang karena generasi sehat adalah generasi yang cemerlang.

Tinggalkan Balasan