Mengenal Kembali Gamelan Jawa (1)

Gamelan jawa adalah salah satu musik tradisional asli Indonesia. Jika Anda adalah orang Indonesia, tahukah Anda apa saja instrumen musik gamelan Jawa? Jika belum tahu, ada baiknya menyimak tulisan berikut.

Rebab
Rebab. Cara membunyikan rebab dengan cara digesek dengan alat yang disebut kosok.Rebab berfungsi untuk mengiringi vokal yang dibawakan oleh ki dalang.
Kendang
Kendang. Cara membunyikan kendang dengan cara dipukul dengan tangan. Dalam sajian karawitan tradisi, ricikan kendang berfungsi sebagai pengatur atau pengendali (pamurba) irama lagu/gending. Cepat lambatnya perjalanan dan perubahan ritme gending-gending tergantung pada pemain kendang yang disebut pengendang.
Gender
Gender. Gender terdiri dari rangkaian bilah-bilah yang di sambung oleh tali yang disebut pluntur dan di topang oleh sanggan yang terbuat dari bahan logam, bambu, dan/ atau tanduk binatang (sungu) yang telah dibentuk sedemikian rupa sehingga terkesan serasi dan bagus. Dalam tata iringan pakeliran gaya Jawatimuran peranan ricikan gender lanang atau gender penerus sangat penting, karena berfungsi sebagai penuntun atau membimbing laras dalang dalam membawakan sulukan dan melakukan buka atau introduksi pada sajian gadhingan yang dikehendaki oleh dalang.
Bonang
Bonang. Bonang merupakan bagian perangkat ricikan gamelan yang berbentuk pencon yang ukurannya lebih kecil dari kenong.

Untuk instrumen gamelan jawa yang lain sudah saya tulis pada artikel Mengenal Kembali Gamelan Jawa (2). Dengan meniru slogan yang beberapa waktu lalu sering muncul di TV, `Cintailah Ploduk-ploduk Indonesia` mari kita cintai produk leluhur kita.

You may also like

Leave a Reply