Arsitektur Rumah Atap Datar

Rumah dengan atap datar
Rumah dengan atap datar

Merancang rumah dengan desain atap datar memiliki tantangan tersendiri, terutama untuk memberikan kesan agar tidak terlalu berbeda dengan desain rumah-rumah yang kita jumpai sehari-hari.

Sebenarnya, desain rumah bergaya modern memang memiliki ciri khas tersendiri yang pendekatannya berbeda dengan rumah bergaya desain lainnya. Rumah ini memang mewakili satu pandangan hidup yang berbeda, yaitu sifat terbuka, berani, dan tegas yang sering mewakili karakter pemilik rumah tersebut.

Sebuah rumah modern yang ingin kita wujudkan memang secara properti merupakan milik kita sendiri. Namun, kita pun harus sadar bahwa yang melihat bangunan itu bukanlah kita, sebagai pemilik saja. Tetangga atau masyarakat sekitar yang melewati jalan di depan rumah juga mempunyai kepentingan tersebut. Mereka lah yang pada akhirnya harus dapat menikmati desain rumah yang kita miliki.

Desain rumah modern ini harus tetap menunjukkan karakter sesungguhnya dari sebuah rumah bergaya modern, sekaligus tetap dapat berkompromi dengan desain rumah yang umumnya kita lihat.

Konsep sederhana ini diwakili tembok dari batu-batu yang tidak menggunakan jenis khusus atau tidak berbeda dengan rumah lainnya, serta peletakan elemen kayu pada beberapa sudut rumah.

Selain itu, spirit keterbukaan rumah ini dihadirkan dengan menggunakan kaca yang besar dan terbuka serta dilengkapi kisi-kisi garis ringan yang ada di depan kaca tersebut. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang tidak terlalu mencolok bila dilihat dari luar. Sementara pandanan dari dalam ke arah luar pun tidak terhalangi.

Elemen garis horizontal pun sebisa mungkin diterapkan pada hampir setiap elemen agar rumah ini terhindar dari kesan angkuh yang mungkin muncul akibat bentuknya yang menjulang tinggi. Garis horizontal mutlak diterapkan pada bangunan modern agar tidak terkesan monumental. Jadi, walapun berbentuk dasar berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah ini masih terkesan ramah.

Sumber : Harian Media Indonesia

You may also like

Leave a Reply