Tips Menata Teras Rumah

Teras rumah dilengkapi meja & kursi untuk menerima tamu
Teras rumah dilengkapi meja & kursi untuk menerima tamu

Teras adalah bagian dari bangunan yang berbatasan langsung dengan bagian luar atau outdoor, serta diberi atap peneduh. Fungsinya sebagai area transisi antara outdoor dan indoor. Teras bukan hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul dan menerima tamu, melainkan juga berperan sebagai wajah depan rumah. Jadi, secara otomatis teras yang tertata rapi dapat menambah estetika pada tampilan rumah.

Berikut ini adalah tips untuk menentukan bagaimana penataan teras di rumah Anda.

  • Tentukan tujuan membuat teras

Tentukan lagi apa tujuan Anda membuat teras. Misalnya duduk-duduk sendiri sembari membaca buku, atau bisa dijadikan tempat bermain untuk anak-anak atau tempat untuk mengadakan acara keluarga. Dari sini, Anda bisa tentukan perabot apa saja yang harus ditempatkan di teras.

  • Tentukan elemen pendukung kegiatan di teras

Tentukan pula elemen apa yang bisa ditempatkan untuk mendukung kegiatan di teras. Misalnya kursi goyang atau ayunan, menutup teras dengan kasa nyamuk, atau alat pemanggang untuk acara barbeku. Anda juga bisa menempatkan pot-pot tanaman atau air mancur mini.

  • Perhatikan keselarasan dengan desain rumah

Cermati juga gaya desain rumah secara keseluruhan. Agar selaras, cobalah mendekorasi teras sesuai gaya interior ruang lainnya supaya teras tidak terkesan terpisah dari bangunan rumah.

  • Dapatkan inspirasi dari berbagai sumber

Telusuri majalah-majalah desain interior untuk mendapatkan ide. Meskipun terletak di ruang luar, teras merupakan bagian dari ruang-ruang di dalam rumah sehingga fungsinya tetap bisa dimaksimalkan. Dengan menata teras, Anda juga ikut memperindah lingkungan pemukiman sekitar.

  • Pilih perabot yang tahan cuaca

Pastikan pula perabot yang diletakkan di teras tahan cuaca dan pilih bahan-bahan yang mudah dibersihkan.

Sumber : Harian Media Indonesia

You may also like

Leave a Reply