Fakta Tentang Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah Anda beberapa fakta mengenai kalsium?
Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah Anda beberapa fakta mengenai kalsium?

Beberapa waktu yang lalu ketika sedang mengayuh sepeda, persendian lutut sebelah kiri rasanya ngilu sekali ketika ditekuk. Mengapa bisa demikian ya? Setelah surfing di dunia maya, ternyata penyebabnya ketahuan 😀 Maka dari itu saya posting artikel ini agar pembaca sekalian tetap memperhatikan konsumsi kalsium dan tidak mengalami kejadian seperti saya. Selamat membaca.

1. Kalsium adalah mineral yang paling banyak diperlukan oleh tubuh.

Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia. Berikut adalah kebutuhan kalsium berdasarkan usia 0-24 tahun :

    • Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg
    • Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg
    • Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg
    • Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg

2. Sekitar 99% kalsium berada pada jaringan tulang dan gigi, sisanya berada di darah dan sel-sel tubuh.

Hal ini membahayakan ketika tubuh kekurangan kalsium. Mengapa demikian? Karena ketika kekurangan asupan kalsium, tubuh akan mengambilnya dari tulang. Dengan berkurangnya kadar kalsium pada tulang, otomatis tulang akan semakin rapuh. Kerapuhan tulang inilah yang disebut dengan Osteoporosis.

3. Kalsium memiliki banyak manfaat.

Manfaat kalsium bagi tubuh, antara lain pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang anak tidak sempurna dan menderita penyakit rickets. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya. Mineral di tulang dan gigi kita tergantikan 100% setiap tujuh tahun sekali.

Penyimpanan glikogen. Kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasa lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.
Melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syaraf. Otot, otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem syaraf.

4. Terlalu banyak kalsium dapat berbahaya bagi tubuh.

Tubuh tidak dapat menyerap kalsium bila tidak memiliki cukup magnesium dan fosfor. Magnesium dan fosfor mengubah bentuk kalsium sehingga dapat diserap tubuh. Bila tidak cukup mendapat magnesium, ginjal tidak dapat memproses kalsium sehingga dapat terjadi endapan batu ginjal. Selain fosfor dan magnesium, vitamin D, zinc dan zat besi juga diperlukan dalam pengolahan kalsium dan dapat terdesak peranannya oleh kalsium yang berlebihan. Konsumsi kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, zinc dan zat besi harus berimbang agar tubuh tetap sehat.

Minum berlebihan dan olahraga berat dapat membuang banyak kalsium dan magnesium dari tubuh. Tambahkan konsumsi kalsium setelah bekerja dan berolah raga berat. Jangan minum berlebihan.
Suplemen kalsium biasanya tidak dibutuhkan bila konsumsi harian Anda cukup mengandung makanan yang kaya kalsium. Berikut adalah beberapa porsi makanan dan kandungan kalsiumnya:

    • Susu satu cangkir (350 mg)
    • Segelas jus jeruk (290 mg)
    • Satu kerat keju (200 – 250 mg)
    • Sepotong pizza (230 mg)
    • Sekaleng sarden (185 mg)
    • Setangkup es krim (90 mg)
    • Secangkir brokoli (76 mg)
    • Sepotong besar tahu/tempe (258 mg)

Nah, bagaimana dengan pengetahuan Anda setelah membaca artikel ini? Semoga setelah membacanya, Anda semakin sadar tentang perlunya kalsium bagi tubuh. Jangan sampai kekurangan kalsium seperti saya ya 🙂 Semoga semua aktivitas tidak terganggu akibat kekurangan kalsium. Sukses untuk kita semua 😀

Sumber : majalahkesehatan.com

Tinggalkan Balasan