Hadiah yang Paling Indah

Cinta akan bertahan karena hadiah yang paling indah.
Cinta akan bertahan karena hadiah yang paling indah.

Cinta bukan hanya sekedar romantisme belaka. Arti yang lebih dalam dari cinta adalah menghargai kehidupan seseorang. Jika merasa mencintai seseorang atau keluarga, Anda harus rela meluangkan waktu untuk memberikan penghargaan kepada mereka. Apa yang bisa di berikan untuk mengungkapkan rasa cinta ini?

1. Kehadiran

Kehadiran Anda jauh lebih penting dari apapun. Kehadiran ini mempunyai nilai yang tak terhingga. Ketika berada di sampingnya, Anda dan dia dapat saling berbagi perasaan, berbagi perhatian, dan berbagi kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagiaan.

2. Mendengarkan

Kebanyakan orang lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Curahkan perhatian Anda pada ucapannya, pastikan Anda bisa menangkap utuh apa yang di sampaikan. Tataplah wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskan pembicaraannya; ini akan memudahkan Anda untuk memberikan tanggapan yang tepat, hal yang tentu sangat menyenangkan baginya.

3. Diam

Jangan suka mengkritik, mengomel, dan menyalahkan, ketika menyaksikan hal-hal yang tidak Anda sukai. Lebih baik diam, dan bila Anda bisa, lakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaan.

4. Kebebasan

Mencintai seseorang bukan berarti mengatur dan membelenggu kehidupan orang yang kita cintai. Cinta itu artinya menghargai kehidupan seseorang. Jadi, berikan kebebasan. Kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan adalah memberikan ruang untuk menjadi dirinya sendiri apa adanya, serta memberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan dan lakukan.

5. Keindahan

Hadirkan suasana, damai, gembira, ceria, dan suasana yang indah di dalam rumah Anda. Hal ini merupakan energi positif yang akan membawa suasana bahagia di dalam kediaman Anda.

6. Tanggapan positif

Tanpa kita sadari, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap, ucapan, dan tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya. berusahalah untuk memberikan respons-respons positif atas sikap dan perilaku orang yang kita cintai. Respons yang positif ini akan mengubah kesadarannya, dan selanjutnya akan mengubah sikap dan perilakunya.

7. Kesediaan mengalah

Untuk menghindari pertengkaran, kembangkanlah “sikap mengalah”. Pertengkaran tidak akan pernah memberikan kebaikan bagi siapa saja. Jika rela untuk mengalah, Anda pasti dapat mendinginkan emosi-emosi yang sedang mendidih, serta dapat membawa kembali suasana senang dan damai.

8. Senyuman

Senyuman adalah berkat dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Senyuman yang tulus, bisa mencairkan hubungan yang beku, memberi semangat dalam keputusasaan, mencerahkan suasana yang muram, bahkan bisa menjadi obat penenang bagi jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia di sekeliling kita. Berikan senyuman manis pada orang yang Anda cintai.

Pembaca yang budiman, “hadiah yang indah” bagi orang yang kita cintai tidak harus barang-barang mewah, seperti cincin berlian, handphone dan lain sebagainya. Kita bisa memberikan hadiah yang sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam dan jauh lebih indah dari harta benda. Hadiah itu adalah kedelapan sikap dan tindakan ini.

———–

Salam Bahagia dan Sejahtera!
Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
Penulis buku “Untuk Apa Hidup Susah”
HP: 081364808061 atau 085765364838
Email: Soe_hartono@hotmail.com

Blog: www.soegiantohartono.blogspot.com

Tinggalkan Balasan