Resolusi GowesJelajah 2012

Twitter GowesJelajah
Akun Twitter GowesJelajah

Sebelum membahas banyak tentang resolusi di tahun 2012 nanti, alangkah baiknya saya jelaskan terlebih dulu tentang Komunitas GowesJelajah.  Komunitas ini adalah komunitas yang terdiri dari beberapa orang dengan kesamaannya dalam hal memiliki sepeda MTB dan berjiwa petualang.

Meskipun GowesJelajah adalah komunitas bersepeda, kegiatan kami tidak terpaku pada bersepeda bersama. Ada juga kegiatan yang bertajuk GowesNongkrong yang kegiatannya diisi dengan berdiskusi di warung kopi. Adapun pembahasan yang kami angkat dalam GowesNongkrong tidak jauh dari perencanaan untuk kegiatan bersepeda di hari / pekan berikutnya. Selain GowesNongkrong, ada juga GowesNyemplung yang kegiatannya diisi dengan gowes bareng ke tempat renang, kemudian berenang disana. Namanya juga komunitas dengan mayoritas anak muda, pastinya ada ‘kegiatan terselubung‘ semacam mencari jodoh pada saat GowesNyemplung 😀

Adapun kegiatan GowesJelajah yang pernah dilaksanakan selama tahun 2011 ini diantaranya :

Meskipun terhitung sedikit, tapi kami mengunjungi tempat tersebut berulang-ulang. Bila dikatakan bosan, saya sendiri sebagai anggota komunitas GowesJelajah sedikit meng-iya-kannya. Dari track dan kegiatan yang kurang bervariasi itulah muncul pemikiran dari saya pribadi untuk menawarkan RESOLUSI GOWESJELAJAH 2012 pada anggota komunitas yang lain.

RESOLUSI PERTAMA

Silahkan Anda melihat kembali tulisan yang ada pada gambar di atas. Disana tertulis “Menjelajah NUSANTARA dengan SEPEDA dan BERBAGI CERITA untuk kemajuan bersama”. Kebetulan saya yang menjadi admin di akun twitter @GowesJelajah, jadi dengan seenak hati bisa mengubah description dari akun tersebut. Nah, inilah yang menjadi resolusi pertama bagi komunitas GowesJelajah di tahun 2012 yakni menyatukan visi.

Agak aneh memang, komunitas yang sudah berdiri hampir 1 tahun ini sampai sekarang belum memiliki visi yang jelas. Meskipun demikian, kami semua menyadari bahwa kami disatukan untuk bersepeda dan berbagi cerita. Jadi secara tidak langsung kami sudah memiliki visi yang sama di lapangan, tapi belum ada kesamaan untuk visi yang ada ‘di atas kertas’.

RESOLUSI KEDUA

Sebagai komunitas bersepeda, tentu kegiatan utama kami adalah bersepeda. Bersepeda terutama dengan misi menjelajah tentu membutuhkan banyak track baru. Untuk itulah, saya menyimpulkan bahwa kita membutuhkan banyak track baru untuk dijelajahi. Dengan demikian resolusi kedua dari komunitas ini adalah menambah pengalaman dalam menjelajah track baru.

Adapun kegiatan GowesJelajah dengan track baru di tahun 2012 nantinya :

  • GowesJelajah Serah Kencong, Blitar (Februari 2012)
  • GowesJelajah Bromo-Probolinggo (Maret 2012)
  • GowesJelajah Cangar (April 2012)
  • GowesJelajah Gunung Kawi (Mei 2012)
  • GowesJelajah Pantai Selatan Malang (Juni 2012)
  • GowesJelajah Gunung Kelud, Kediri (Juli 2012)
  • GowesJelajah Tiris, Probolinggo (September 2012)
  • Trenggalek Mountain Bike Adventure (Oktober – November 2012)
  • GowesJelajah Coban Rondo (Desember 2012)

Meskipun track baru, syukurlah masih ada peluang untuk menjelajahinya karena kebetulan ada beberapa orang yang berasal dari luar Kota Malang sering mengikuti kegiatan GowesJelajah. Hal inilah yang memacu semangat kawan-kawan dari Wlingi (Blitar) dan kawasan Gunung Kawi untuk mengajak kami bersepeda di ‘rumahnya’.

RESOLUSI KETIGA

Sebagai komunitas yang tidak bisa berdiri sendiri, kami juga harus memiliki kepedulian terhadap sesama dan (pastinya) lingkungan. Untuk itulah, di resolusi yang ketiga ini – kami akan lebih giat dalam mengadakan kegiatan ‘non-gowes’ dan lebih mengarah ke tujuan sosial.

Target yang saya susun adalah :

  • GowesAmal : Anggota GJ ikut bakti sosial ke Panti Asuhan. Gowes ke panti asuhan.
  • GowesNyemplung : Anggota GJ ikut berenang. Gowes ke tempat renang. (Dilaksanakan minimal 1 kali tiap  1 bulan)
  • GowesNongkrong : Anggota GJ ikut diskusi sambil nongkrong. Gowes ke tempat nongkrong. (Dilaksanakan sebelum acara GowesJelajah)
  • Last Friday Night : Anggota GJ ikut meramaikan event komunitas B2W pada Jumat terakhir tiap bulan.
  • Car Free Day : Anggota GJ ikut meramaikan CFD di Kota Malang yang dilaksanakan tiap minggu.

Adapun penilaiannya adalah dengan meningkatkan intensitas dalam event tersebut. Khusus untuk GowesAmal, semoga di tahun ini bisa diadakan sekali yakni pada ulang tahun GowesJelajah (Juni 2012).

RESOLUSI KEEMPAT

Nah, untuk resolusi keempat sekaligus resolusi yang terakhir (ketika ditulis) adalah membuat web dan jersey komunitas GowesJelajah.

Adapun project web yang akan kami laksanakan sudah diprakarsai oleh om @Danu. Mengapa beliau yang dipilih oleh anggota komunitas GowesJelajah? Karena om Danu sudah berpengalaman dalam mengembangkan web, terbukti dari kualitas blog-nya yang TOP MARKOTOP dan beralamat di danubudi.web.id.

Pembuatan web sangat spesial karena membutuhkan keahlian teknis dari teman-teman yang mengerti dunia web. Sedangkan bagi yang kurang mengerti, bisa ikut membantu dalam mengisi web komunitas GowesJelajah ini.

Berbicara masalah teknis, pastinya sebuah web akan bisa diakses ketika ada koneksi internet. Perlu Anda ketahui, semakin membesarnya gaung komunitas GowesJelajah ternyata unik. Banyak orang yang bergabung untuk bersepeda dan menjelajah bersama-sama karena mereka membaca artikel tentang GowesJelajah di blog saya (anomharya.com). Beruntung saya memiliki koneksi internet di tempat kos, apalagi menggunakan koneksi internet dari Speedy (Familia). Jadi tidak ada halangan untuk menulis tentang kegiatan GowesJelajah yang telah dilaksanakan.

Semoga dengan berdirinya web komunitas GowesJelajah dan semakin banyak orang yang mengakses web tersebut, bisa memenuhi satu visi kami yakni BERBAGI CERITA untuk kemajuan bersama. Dengan demikian, lebih banyak orang yang termotivasi agar lebih giat dalam bersepeda dan mencintai lingkungan (terutama hutan).

Sebagai informasi, blog ini saya ikutkan dalam Lomba Blog Resolusi Juara 2012. Saya berharap masukan dari para pembaca agar kemampuan saya untuk menulis di blog semakin meningkat.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Sukses untuk kita semua.

You may also like

13 Comments

  1. saya setuju dengan keempat resolusi tersebut mas…
    semoga saya bisa mendukung dgn sepenuh jiwa dan raga, demi kesehatan dan kemajuan kita bersama….

    1. Siap pak. Yang penting visi kita menyatu dulu. Tentang kesehatan, semoga Tuhan berkehendak bahwa kita harus berkarya. Ini saatnya pak. Tahun 2012 harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sukses untuk kita semua.

  2. hasss aku disebut-sebut *cling ngilang
    untuk website tunggu launchingnya aja dehh sekarang masih ngurusi kebutuhan teknis lainnya.
    sukses untuk kita semua

    1. Hahaha. Tadi aku sudah browsing template untuk web komunitas GowesJelajah mas. Btw, Progress web GowesJelajah sudah sampe mana? Kalo belum nemu template, silahkan liat2 dulu template yang sudah aku download 🙂

    1. Terima kasih atas dukungan Anda.
      Resolusi ini saya buat bukan untuk diri saya. Ini resolusi yang saya tawarkan ke komunitas GowesJelajah, dan ternyata orang-orang disana welcome terhadap resolusi ini.
      Semoga resolusi yang kita buat di tahun 2012 ini bisa menjadi semangat untuk terus berkarya 🙂

    1. Terima kasih mas / pak Azhari. Ini resolusi yang memang ingin saya buat dan kebetulan juga ada lomba menulis resolusi di tahun 2012. Terima kasih deh buat Telkom Speedy yang sudah memotivasi saya untuk menuangkan pikiran tentang resolusi GowesJelajah di tahun 2012 ke dalam tulisan ini.

      Sukses untuk kita semua 🙂

Leave a Reply