Blokir Akses Situs Dengan Firefox Add-on

Blokir situs yang mengurangi produktivitas.
Blokir situs yang mengurangi produktivitas.

Merasa bahwa diri Anda selalu berada di depan komputer tapi tidak ada yang dihasilkan? Berarti Anda sama seperti saya. Saya berhadapan dengan komputer dan internet lebih dari 8 jam dalam sehari. Tapi, saya merasa produktivitas kurang meskipun ada di depan barang yang katanya bisa menghasilkan banyak karya.

Setelah melakukan penelitian sendiri, ternyata akses ke website yang kurang bermanfaat-lah yang menjadi penyebab saya kurang produktif ketika berhadapan dengan komputer dan internet. Saya terlalu lama mengakses situs media sosial seperti FACEBOOK dan TWITTER.

Tidak bisa diingkari bahwa ada juga orang yang beranggapan bahwa mereka bisa ‘lebih menghasilkan’ ketika berhadapan dengan situs semacam FACEBOOK dan TWITTER. Tapi, tekad saya sudah bulat untuk mengurangi akses terhadap situs tersebut pada jam-jam produktif saya.

Langkah yang saya ambil adalah dengan meng-install add-on FIREFOX yang bernama LeechBlock. LeechBlock adalah addon dari FIREFOX yang bisa mengatur hak akses Anda terhadap situs-situs yang telah ditentukan. Selain itu, extensi ini bisa menghilangkan link yang menuju website yang telah Anda blok tadi.

Inilah cara untuk memasang LeechBlock di browser FIREFOX Anda :

  1. Download LeechBlock.
  2. Akan ada permintaan ijin yang menanyakan kesediaan Anda untuk meng-install add-on LeechBlock. Berikan ijin kepada add-on ini untuk bekerja.
  3. Arahkan mouse ke bagian MENUBAR dari FIREFOX. Klik Tools dan pilih Add-ons.
  4. Ketika sudah di-klik, akan muncul tampilan Add-on yang sudah ada di FIREFOX Anda. Pilih Options yang tersedia di sebelah addOn bernama LeechBlock.

    Pilih add-on yang bernama BlockSite
    Pilih add-on yang bernama LeechBlock.
  5. Sekarang Anda sudah ada di bagian konfigurasi dari LeechBlock. Untuk konfigurasi pertama, silahkan meng-inputkan alamat situs yang akan diblok. Pada gambar di bawah, daftar alamat situs ditunjukkan pada kotak nomor 2. Jika sudah selesai input, klik Next.

    Konfigurasi alamat situs yang diblokir dengan BlockSite
    Konfigurasi alamat situs yang diblokir dengan BlockSite.
  6. Pada konfigurasi kedua, Anda diminta untuk memasukkan rentang waktu blokir. Masukkan jam yang Anda inginkan pada kotak nomor 1. Atau klik All Day jika ingin memblokir situs tersebut sepanjang hari. Pada kotak nomor 2, masukkan hari apa saja situs tersebut diblokir. Kemudian klik Next.

    Konfigurasi kapan situs diblokir. Atur waktu blokir sesuai kebutuhan.
    Konfigurasi kapan situs diblokir. Atur waktu blokir sesuai kebutuhan.
  7. Akan muncul kotak dialog yang menurut saya meskipun diabaikan tidak akan berpengaruh terhadap performa LeechBlock dalam memblokir akses ke situs tertentu.

Langkah konfigurasi sudah selesai. Inilah tampilan yang akan Anda dapatkan ketika mengakses situs yang telah diblokir pada jam yang telah ditentukan.

Ini hasilnya jika Anda mengakses situs yang diblokir pada waktu yang telah ditentukan.
Mengakses situs yang diblokir pada waktu yang telah ditentukan.

Cara ini saya nilai sangat efektif dalam meningkatkan produktivitas. Selain itu, bisa juga untuk blokir terhadap akses dari situs porno. Semoga dengan adanya add-on ini, bisa membuat kita semakin dewasa dalam memilih situs mana yang harus kita akses.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Sukses untuk kita semua.

5 Balasan untuk “Blokir Akses Situs Dengan Firefox Add-on”

Tinggalkan Balasan