Webbing : Perlengkapan Wajib Mountain Bikers

Penampakan Webbing dari dekat

Penampakan Webbing dari dekat

Beberapa orang penyuka olahraga luar ruangan (outdoor) mungkin tidak asing dengan Webbing. Webbing adalah anyaman kain yang memiliki permukaan yang rata dengan lebar bervariasi. Menurut wikipedia, pada awalnya ‘tali tubuh’ ini dibuat dengan bahan katun atau rami. Namun seiring perkembangan jaman, penggunaan serat sintetis seperti nilon, polypropylene atau polyester mulai menggantikan bahan aslinya. Bahkan ada pula webbing yang terbuat dari Dyneema and Kevlar. Perkembangan bahan dasar webbing tentu semakin meningkatkan kualitasnya (bobot & kekuatan)

Ada kelebihan webbing untuk kegiatan bersepeda di alam bebas. Diantaranya :

  1. Harga terjangkau
    Ketika membelinya di toko perlengkapan aktivitas outdoor di Malang, ada beberapa yang menjualnya dengan ukuran 3 – 5 meter (tentu dengan harga bervariasi sesuai panjangnya). Untuk webbing dengan panjang 4 meter, saya dapatkan dengan harga sekitar Rp 15.000,00. Cukup terjangkau bukan?
  2. Tidak menimbulkan luka gores pada sepeda
    Webbing : Pengikat sepeda di kendaraan

    Webbing : Pengikat sepeda di kendaraan

    Saya sering sekali menggunakan webbing sebagai pengikat sepeda ketika proses loading di atas kendaraan bermotor (mobil / motor). Hal ini dikarenakan bahannya yang sangat bersahabat dengan cat sepeda sehingga tidak menimbulkan luka gores (baret). Jika Anda sangat menjaga keindahan sepeda, menggunakan webbing sebagai pengikat sepeda di kendaraan loading sangat disarankan.

  3. Kuat
    Webbing : Alat evakuasi

    Webbing : Alat evakuasi

    Beberapa waktu lalu ketika gowes di track Dingklik – Welang, ada seorang anggota rombongan yang terjatuh ke jurang sedalam 3 meter. Otomatis butuh proses evakuasi yang lebih dari biasanya meskipun korban tidak mengalami luka parah. Penggunaan webbing untuk menarik korban dan sepedanya sangat membantu disamping kompaknya kinerja tim evakuasi. Bobot sepeda korban yang sekitar 13 kilogram masih bisa ditoleransi oleh webbing saya yang memiliki bobot kurang dari 500 gram. Cukup kuat bukan?

Dari beberapa poin di atas, dapat disimpulkan bahwa webbing merupakan perlengkapan yang wajib dibawa dalam grup. Pastikan panjangnya sesuai dengan kebutuhan. Disarankan agar setiap orang memiliki webbing pribadi dengan panjang minimal 4 meter. Semoga webbing bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi saat bersepeda.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

← Previous Post

Next Post →

3 Comments

  1. Webbing polypropylene sangat kuat, ringan, basah cepat kering.
    Sayangnya di Bali ngak ada yg jual.

Leave a Reply