Asyiknya Snorkeling di Pulau Menjangan (Bali Barat)

Gerbang Pulau Menjangan
Gerbang Pulau Menjangan

Minggu, 12 Januari 2014 adalah hari menyenangkan bagi saya dan beberapa kawan 1 rumah kos di Malang karena dapat memiliki pengalaman baru : Snorkling di Menjangan. Menjangan adalah sebuah pulau yang berada di sebelah barat laut (utara – barat) Pulau Bali. Pulau yang masih dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini tak berpenghuni namun sepertinya sudah didesain untuk ramah pengunjung. Terbukti dengan adanya sebuah rumah panggung berukuran besar, 2 bale bengong, dan sebuah dermaga kayu yang menjorok ke laut hingga sekitar 15 meter.

Warung di Pantai Watu Dodol (Banyuwangi)
Warung di Pantai Watu Dodol (Banyuwangi)

Berangkat dari Hotel AJM (Banyuwangi) yang waktu tempuhnya sekitar 1 jam menuju Pelabuhan Watu Dodol (Banyuwangi), kami sudah bertemu dengan pantai di Selat Bali yang banyak memiliki warung & toilet untuk wisatawan. Pantai yang sering dikunjungi wisatawan untuk sekedar berisitirahat sambil minum air kelapa muda ini juga menyediakan kapal nelayan yang dapat digunakan untuk menyeberang menuju Bali, khususnya Pulau Menjangan. Dengan hanya membayar Rp 300.000,00 kami sudah bisa menyewa sebuah kapal untuk maksimal 6 orang menuju Pulau Menjangan.

Kapal nelayan yang digunakan menuju Pulau Menjangan
Kapal nelayan yang digunakan menuju Pulau Menjangan

Perjalanan menyeberangi lautan Selat Bali yang butuh waktu sekitar 60 menit terasa lebih berkesan ketika kita dapat melihat beberapa Menjangan keluar dari Hutan Bali Barat. Jarak dari kapal ke pantai pun tidak terlalu jauh (sekitar 50 meter) karena perjalanan kami memang menyusuri sepanjang garis pantai Bali Barat. Kawan-kawan saya yang 1 bulan sebelumnya berkunjung ke Pulau Menjangan sangat beruntung dapat merasakan momen tersebut. Iri dengan pengalaman mereka karena dalam perjalanan kali ini hewan yang dilindungi tersebut tidak menampakkan dirinya di pantai.

Pulau Menjangan sudah dekat. Siapkan jangkar!!
Pulau Menjangan sudah dekat. Siapkan jangkar!!

Selamat datang di Pulau Menjangan!

Kesan pertama ketika menyentuh daratan adalah TERHARU sekaligus SEDIH karena di pasir pantai yang seputih ini kenapa ada banyak sampah yang terbawa arus. Seorang kawan saya bercerita bahwa sampah di pantai Pulau Menjangan dalam trip ini lebih banyak dari trip sebelumnya. Hal tersebut makin jelas setelah bapak nelayan yang mengantar kami berkata bahwa sampah dibawa oleh angin utara yang berhembus menuju pantai di sepanjang Pulau Bali bagian utara. Ah sayang sekali harus ada sampah diantara aku dan Pulau Menjangan.

Momen ini akan lebih indah didokumentasikan jika tanpa sampah
Momen ini akan lebih indah didokumentasikan jika tanpa sampah

Waktunya buka pakaian, pakai sunblock, dan nyebur ke laut!

Rileks..
Rileks..

Berbeda dengan kesan sebelumnya yang menitik beratkan pada sampah plastik di pantai Pulau Menjangan, saya KAGUM dengan pulau ini. Dengan jarak sekitar 7 meter dari garis pantai dan sedalam 1 meter, kita sudah bisa menikmati terumbu karang beserta biota laut lainnya. Ombak yang tenang ditambah dengan cerahnya langit di atas kami membuat kehidupan bawah laut di Pulau Menjangan makin terlihat jelas. Bagi yang mahir berenang, kita dapat meloncat dari ujung dermaga untuk kemudian merasakan sensasi nyebur di pantai sedalam sekitar 5 meter. Bagi yang tidak bisa berenang pun masih dapat menikmati pantai ini dengan jalan pelan-pelan menuju laut. Hati-hati dengan langkah Anda karena banyak terumbu karang yang tajam, terlebih lagi dengan Bulu Babi yang dapat membuat sesi liburan Anda jadi kurang asyik jika menginjaknya.

Biota bawah laut di Pulau Menjangan
Biota bawah laut di Pulau Menjangan
Biota bawah laut di Pulau Menjangan
Biota bawah laut di Pulau Menjangan

Sesuai dengan perjanjian kami dengan nelayan, sesi berkunjung ke Pulau Menjangan diakhiri sekitar pukul 14.00 WIB. Saatnya kembali ke Pulau Jawa untuk beraktivitas seperti biasa. Meski hanya sekitar 4 jam di Pulau Menjangan, saya berharap semoga ada kesempatan untuk berkunjung kembali ke pulau ini. Jika Anda berminat untuk pergi ke Pulau Menjangan, saya tidak keberatan untuk diajak (apalagi gretongan alias gratis πŸ˜€ Hehehe)




Perlu diketahui:

  1. Pantai Watu Dodol terletak sekitar 10 menit perjalanan dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi). Jika menuju Bali melalui jalur pantai utara (Pantura), pantai ini terletak sebelum pelabuhan penyeberangan Selat Bali tersebut.
  2. Tarif sewa perahu dari Pantai Watu Dodol (Banyuwangi) – Pulau Menjangan (Bali Barat) Rp 300.000,00.
  3. Waktu tempuh menggunakan kapal nelayan dari Pantai Watu Dodol (Banyuwangi) – Pulau Menjangan (Bali Barat) sekitar 60 menit (1x jalan)
  4. Kapasitas maksimal penumpang kapal nelayan disarankan 6 orang. Sebetulnya bisa sampai 8 orang, tapi perhatikan faktor keselamatan.
  5. Buat dulu perjanjian dengan nelayan mengenai durasi selama di Pulau Menjangan. Jangan terlalu cepat kembali dan jangan pula terlalu gelap.
  6. Bisa berkemah di Pulau Menjangan, namun tarif sewa kapal akan berbeda dengan trip tanpa menginap.
  7. Tidak disediakan penyewaan pelampung di Pulau Menjangan maupun di Pantai Watu Dodol. Kami menyiapkannya sendiri.
  8. Hati-hati dengan Bulu Babi di sepanjang pantai Pulau Menjangan. Jika menginjaknya, segera keluar dari air dan siram dengan air kencing.

Melalui tulisan ini saya ingin berterima kasih kepada kawan-kawan 1 kos (Bumer’s Family) yang telah mengajak saya untuk bergabung dalam trip menuju Pulau Menjangan.

Bumer's Family
Bumer’s Family

Untuk foto yang tidak ditampilkan dalam blog ini bisa dilihat di galeri berikut.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam Lestari dan Sukses Untuk Kita Semua

You may also like

37 Comments

    1. Bisa banget mbak. Justru saya menulis pengalaman ke Pulau Menjangan karena menyeberang dari Pantai Watu Dodol (Banyuwangi). Apa informasinya belum saya tuliskan di atas?

    1. Mohon maaf, terakhir saya kesana di awal tahun 2014 tidak ada fasilitas penyewaan perlengkapan snorkling. Mungkin seiring waktu Pantai Watu Dodol sudah berbenah dan menyediakannya. Jika ada informasi terbaru akan saya update di blog ini.

  1. mas anom terumbu karang nya koq sedikit ya,apa blm di eksplore semuanya?liat foto2 di web koq bagus2 terumbu karang di pulau menjangan ini

    1. Tidak heran terumbu karang yang saya foto sedikit karena kami hanya bermain di sekitar dermaga. Foto-foto dengan banyak terumbu karang sepertinya merupakan spot diving (bukan snorkling) dan kebanyakan yang mampir kesana sudah menggunakan perlengkapan selam yang memadai.

      Perlu diketahui, Pulau Menjangan oleh mereka hanya digunakan sebagai tempat untuk istirahat makan siang. Dermaga tempat saya snorkling menjadi tempat berlabuh kapal-kapal yang mengangkut para penyelam.

  2. hi ,,,, agan2…biar g ribet sewa ini itu mending langsung paketan aja, untuk 2x snorkeling 2 tempat berbeda(tergantung cuaca) 1-2org =850rb,3org=950,4org=1.170,5org1,3jt. semakin banyak peserta semakin murahh. harga sudah termasuk; PRIVATE boat/tidak gabung sama tamu/group lain,tiket(kawasan taman nasional)asuransi,minum+makan siang(menu bisa milih,nasi cmpur,goreng,mie goreng ato sandwich.alat snorkeling(masker+kaki katak),pelampung/life jacket bagi yg g bisa renang.pemandu(taman nasional/bersertifikat.INFO HP 0852 3883 9596 ato email di snorkelingwithkadek@gmail.com.

  3. Mas anom…peralatan snorkel nya itu bw sendiri yah??? Trus foto itu pakai kamera apa ya? Terus di watu dodol apa ada persewaan ban? Trims

    1. Semua perlengkapan snorkling termasuk ban saya siapkan dan bawa sendiri ke lokasi mbak. Untuk kamera saya gunakan Nikon AW100 yang notabene sudah waterproof dari pabriknya. Kalau mau snorkling asyik, di Kota Malang ada persewaannya (Do-Rent).

  4. Mohon info mas, berarti kita ditinggal ntar dijemput gitu? Ngga bisa lompat dari kapal berarti ya? Hanya dari tepi pantai saja? Tolong info no HPnya pak perahu ya mas. Thanks.

    1. Saya waktu itu ditunggui om / tante. Kami dibebaskan untuk renang atau loncat-loncat, dsb. Untuk kontak nelayan di Watudodol, mohon maaf ternyata nomornya kini sudah diganti dan saya kehilangan jejak. Maaf tidak bisa membantu..

Leave a Reply