Video : How to Make a Mountain Bike Film

Snapshot How to Make a Mountain Bike Film
Snapshot How to Make a Mountain Bike Film

Melihat banyak sekali video bagus yang menjadikan sepeda dan ridernya sebagai objek utama, pasti akan membuat para penikmatnya penasaran tentang bagaimana cara membuat video sepeda yang bagus. Saya sudah beberapa kali membuat video sepeda tapi tidak pernah puas dengan apa yang telah saya hasilkan. Filme Von Draussen sebagai produsen video sepeda membagikan tips untuk menghasilkan video sepeda yang bagus.

Menurut pesan yang ada dalam video berikut disampaikan bahwa untuk menghasilkan video sepeda yang bagus haruslah memiliki beberapa syarat, diantaranya :

  1. Memiliki cerita (yang terdiri dari 3 bagian)
    Cerita yang disampaikan harus sesuai dengan ide dasar pembuatan video. Jadi, sebelum membuat video buatlah dulu ide dasarnya. Selain itu, dalam video harus dijelaskan secara runtut mulai dari perkenalan (awalan), klimaks (tengah), dan ending (akhiran).
  2. Menyebutkan siapa saja yang terdapat di dalam frame
    Poin ini tidak hanya menampilkan nama orang yang masuk ke dalam frame cerita. Biarkan penonton tahu bagaimana perasaan mereka dalam video tersebut. Kebanyakan video sepeda bercerita mengenai petualangan. Menurut saya, perasaan senang, kagum, bangga, dan sejenisnya adalah perasaan yang wajib ditampilkan dalam sebuah video sepeda.
  3. Gunakan Tripod dan jangan di-Zoom
    Tripod digunakan agar gambar yang dihasilkan oleh kamera saat merekam lebih stabil. Sedangkan pengaruh zoom adalah agar pemandangan yang ada di sekitar subjek bisa terlihat jelas.
  4. Rekam setiap momen dengan 3 aturan
    Setiap momen yang direkam harus memiliki 3 cara pengambilan : Wide, Middle, dan Close. Wide adalah bagian video dimana sepeda dan subjeknya terlihat kecil bila dibandingkan dengan alam di sekitarnya. Middle adalah bagian video dimana subjek dan sepedanya terlihat dekat oleh kamera (berjarak sekitar 2 – 5 meter). Dan Close adalah bagian video dimana subjek dan sepedanya terlihat lebih dekat oleh kamera (berjarak sekitar 1 – 2 meter).
  5. Manfaatkan Magic Hour / Golden Time
    Magic Hour / Golden time adalah waktu dimana cahaya matahari berwarna kekuningan dan sangat baik untuk memberi warna pada subjek & objek yang direkam oleh kamera. Golden Time bisa kita nikmati saat matahari terbit hingga 2 jam setelahnya dan 2 jam sebelum matahari terbenam hingga langit nyaris gelap.
  6. Tampilkan video sesingkat mungkin dan jangan tampilkan ‘warna mentah’
    Warna yang dihasilkan oleh kamera tentu kurang memuaskan jika dibandingkan dengan warna yang dihasilkan mata. Maksimalkan pewarnaannya dengan mengeditnya di video editor terlebih dahulu. Hindari menampilkan scene video yang terlalu lama karena terkesan membosankan. Untuk itulah video editor sangat penting dalam menghasilkan video sepeda yang bagus.
  7. Ambil sepeda dan kamera Anda. Mulailah membuat video sepeda
    Beberapa tips di atas tentu akan jadi omong kosong jika tidak dipraktekkan. Untuk itu, hasilkan sebuah karya yang keren dengan tangan Anda!!

Semoga bisa menghasilkan video sepeda yang bagus 🙂

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

You may also like

Leave a Reply