Meluruskan Kaki di Pantai Bentar (Kab. Probolinggo)

Wisata Pantai Bentar
Wisata Pantai Bentar

Kabupaten Probolinggo adalah sebuah wilayah administratif seluas 1.696,166 km persegi yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Jika mengendarai kendaraan bermotor dari arah barat menuju Banyuwangi, sudah dipastikan kita akan lewati daerah yang terletak di pesisir pantai ini. Ada satu tempat yang mungkin sering Anda lewati jika melewati jalur utara menuju Banyuwangi / Bali : Pantai Bentar.

Pantai Bentar adalah salah satu tempat wisata favorit masyarakat Probolinggo untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tidak menutup kemungkinan juga bagi warga luar Kabupaten Probolinggo untuk menikmati wisata pantai ini. Dengan membayar karcis masuk senilai Rp 4.000 / orang dewasa dan atau Rp 3.000 / anak – berbagai fasilitas di dalamnya dapat dinikmati bersama keluarga.

Anjungan di Pantai Bentar
Anjungan di Pantai Bentar

Begitu masuk kawasan wisata, tempat parkir motor, mobil, dan bahkan bus telah menunggu untuk diisi. Setelah membeli karcis masuk di loket dan melewati bagian pemeriksaan karcis, para wisatawan dapat langsung menuju anjungan yang mengantar wisatawan berjalan di atas laut sejauh sekitar 50 meter dari daratan utama. Sebagai informasi, anjungan merupakan salah satu spot foto favorit banyak wisatawan Pantai Bentar. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berfoto di atas anjungan. Jika berkunjung siang hari, tentu berjalan di atas anjungan sangatlah panas. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian peneduh (jaket, topi, dll) atau memakai sunblock untuk mengurangi efek paparan sinar matahari.

Piknik di Pantai Bentar
Piknik di Pantai Bentar

Berjalan keluar dari anjungan menuju daratan utama, telah banyak tempat teduh yang pastinya sangat nyaman ketika digunakan untuk duduk dan ngobrol bersama anggota keluarga Anda. Jika membawa makanan dari rumah, tidak ada salahnya untuk berpiknik ria di bawah teduhnya pepohonan dan rumput hijau. Namun jika tidak membawa makanan, tidak ada salahnya untuk membeli di warung yang banyak terdapat di dalam kawasan tempat wisata. Es Degan dan Rujak Manis mungkin adalah salah satu hidangan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Pantai Bentar.

Makanan wajib di Pantai Bentar
Makanan wajib di Pantai Bentar

Jika membawa anak-anak ke Pantai Bentar, kemungkinan besar mereka akan minta naik kereta. Dengan tambahan biaya Rp 4.000 / penumpang (dewasa & anak) justru dengan naik kereta inilah kita dapat menghemat energi untuk berjalan kaki mengelilingi kawasan wisata Pantai Bentar. Kecepatannya yang hanya sekitar 20 km / jam, dijamin aman untuk ditumpangi anak-anak. Anak senang, Anda pun dapat lebih puas mengelilingi Pantai Bentar bukan? Hmmm..

Kereta di Pantai Bentar
Kereta di Pantai Bentar

Bukan anak-anak namanya jika tidak memiliki rasa ingin tahu dan energi yang besar. Setelah naik kereta, mungkin dia juga mengajak kita untuk mengelilingi danau buatan menggunakan pedal boat. Ikuti saja kemauannya. Toh kapan lagi bisa membahagiakan anak? Hehehe..

Pedal Boat di Pantai Bentar
Pedal Boat di Pantai Bentar

Sebenarnya masih ada banyak wahana yang bisa dinikmati di Pantai Bentar namun kondisinya tidak layak pakai dan rusak. Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah anjungan yang mengarah ke barat. Kondisi kayu yang lapuk karena faktor alam menjadi penyebabnya. Sangat disayangkan mengingat posisi anjungan tersebut adalah yang paling menjorok ke arah lautan. Jika masih berfungi dengan baik, mungkin dapat dimanfaatkan sebagai tempat favorit oleh wisatawan yang menyukai kegiatan memancing.

Semoga Pantai Bentar makin berbenah mengingat terakhir kali saya berkunjung sekitar umur 6 tahun, pantai ini sudah memiliki banyak perkembangan.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga