Video : Track Downhill Pacet (Kab. Mojokerto)

Track Downhill Pacet, Yahuuuut
Track Downhill Pacet, Yahuuuut. Copyright : Arief Widiyanto

Menuruni bukit yang memiliki beberapa obstacle dan dituntut untuk berkecepatan tinggi merupakan tantangan dalam ber-Downhill ria. Jalur yang dibuat pun harus terukur dan memiliki standar tertentu agar para Downhill-er tetap berada di lintasan meski melewatinya dalam kecepatan tinggi.

Kemudahan akses mobil untuk mencapai track Pacet dibuktikan dengan tersedianya jalur aspal halus menuju Venue. Butuh waktu sekitar 90 menit dari Surabaya / Malang (via Cangar) untuk mencapai track DH yang terletak di lokasi wisata pemandian air panas Pacet (Kab Mojokerto, Jawa Timur). Membawa keluarga untuk berwisata di sekitar track DH pun tak masalah karena memang banyak wisatawan yang datang ke Pacet terutama saat akhir pekan dan hari libur lainnya.

Dengan panjang track sekitar 1.8 km, ada beberapa obstacle menantang yang pasti dapat menguji skill bersepeda. Di awal, kita harus berhadapan dengan turunan curam setinggi sekitar 5 meter untuk kemudian berhadapan dengan 2 double jump yang berdekatan. Berm yang dibuat  di setiap tikungan sangat mulus dan tidak mudah tergerus ban karena dijaga bentuknya oleh semacam paving blok. Jika Anda memiliki tenaga dan stamina lebih dalam pedalling, cobalah untuk menambah kecepatan saat berhadapan dengan jalur yang datar maupun turunan landai.

Salah satu ciri khas dari track DH Pacet adalah adanya sebuah jembatan bambu setinggi sekitar 5 meter dari tanah yang menyeberangi jalur aspal. Ketika berkecepatan tinggi, sepeda mampu melewatinya (tanpa perlu pedalling) hingga puncak dan turun kembali untuk kemudian berhadapan dengan berm ke kanan. Jika Anda bernyali untuk mencobanya dengan kecepatan maksimal, menurut saya sangat menantang dan mengasyikkan. Hingga sampai di finish, telah banyak warung yang menunggu Anda untuk sekedar menikmati kopi atau menggigit gorengan yang masih hangat. Percayalah, makanan & minuman apapun yang disajikan pasti sangat nikmat 😀

Saya sertakan sebuah video saat saya mencoba track Downhill Pacet pada bulan Mei 2014. Saat hari cerah dan sudah di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, saya bisa melewati 10 putaran hingga pukul 16.00 WIB. Tentu waktu tersebut sudah dihitung untuk istirahat makan siang dan melakukan setting kembali sepeda yang dirasa kurang maksimal. Jika Anda penyuka Downhill, track DH Pacet saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Datanglah dan buktikan sendiri!

Akhir kata, saya ingatkan kembali untuk terus mengutamakan keselamatan dalam bersepeda. Jangan remehkan jalur yang ada (apalagi track DH) meskipun kita sering melewatinya. Semoga Anda ketagihan main di track DH Pacet. Hehehe

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply