Gowes Malam, Jangan Takut Akan Gelap

Langit gelap tak harus tertidur lelap
Langit gelap tak harus tertidur lelap

Ada sebuah trend bersepeda yang beberapa tahun belakangan rutin saya ikuti : Night Ride (NR). Paling tidak, saat bulan Ramadhan dapat kita jumpai timeline sosial media beberapa goweser yang dipenuhi dengan foto-foto NR. Terlepas dari sehat atau tidaknya gowes di malam hari, bukankah bersenang-senang membuat kita makin sehat? Lalu, bagaimanakah NR yang menyenangkan? Berikut saya bagikan tips agar lebih menikmati kegiatan NR.

  1. Jangan lupa pamit
    Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berkomitmen untuk mengadakan / mengikuti acara NR. Alangkah bahagianya mahasiswa kos-kosan seperti saya yang hidup bebas. Tentu keadaan ini akan berbeda dengan Anda yang memiliki istri di rumah. Paling tidak, kabarkan kepada istri tentang niat Anda untuk NR-an. Perlu diingat, jangan jadikan NR sebagai pelampiasan masalah di rumah!

    Pamit dulu ya
    Pamit dulu ya
  2. Pilih jalur yang aman dan sering dilewati
    Jika ‘visa’ sudah keluar, selanjutnya adalah menentukan jalur yang akan dilewati. Gowes di kota tidak terlalu susah apabila dibandingkan dengan gowes di hutan saat malam hari. Namanya juga olahraga tantangan, tak seru rasanya jika tak ada tantangan yang harus diselesaikan. Pilihlah hutan / kebun yang tidak terlalu lebat dan tidak memiliki banyak persimpangan yang membingungkan. Selain itu, pertimbangkan juga memilih hutan / kebun yang tidak dihuni oleh banyak hewan liar (terutama hewan buas) karena pada malam hari ada beberapa hewan liar yang berkeliaran untuk mencari makan.
  3. Gunakan lampu yang terang dan nyaman
    Sekarang telah banyak beredar lampu dengan berbagai versi. Ada yang bisa dipasang di handlebar, ada pula yang berbentuk headlamp sehingga tidak terlalu susah jika dipasang di helm. Saya sarankan untuk memilih lampu yang paling terang sesuai dengan kekuatan dana Anda. Lampu terang tak selalu berukuran besar. Pilihlah yang bentuknya paling sederhana dan tidak mengurangi kenyamanan Anda saat digunakan. Jika memiliki dana lebih, saya sarankan untuk menggunakan (minimal) 2 kombinasi lampu : dipasang di handlebar & helm.
  4. Ramaikan bersama kawan
    Jika Anda menyukai gowes sendirian, ubahlah kebiasaan tersebut khusus untuk NR. Teman selalu berguna di saat Anda kesusahan. Gowes di hutan dengan kondisi beramai-ramai akan mengusir hewan liar di sekitar Anda. Selain itu, hutan / kebun yang Anda lewati juga menjadi semakin terang karena cahaya lampu yang berkumpul. Jika tidak menggunakan lampu yang cukup terang, tetaplah untuk bergabung dalam rombongan. Percayalah, hal ini akan sangat membantu Anda.
  5. Bawalah penghangat suasana
    Gowes bukan hanya urusan sehat. Gowes adalah media untuk rekreasi dan bersosialisasi. Bagaimana bisa bersosialisasi jika fokus Anda hanya pada kecepatan dan ambisi untuk mencapai tujuan lebih dulu? Tak ada makhluk sosial yang tidak suka bersosialisasi. Kopi, snack, dan obrolan ringan penuh canda mutlak diperlukan untuk menambah kesan kegiatan NR Anda. Percaya atau tidak, hal ini yang paling berkesan bagi saya diantara sekian kali NR yang saya ikuti.

    Duduk melingkar, buka bekal, ngobrol asal
    Duduk melingkar, buka bekal, ngobrol asal
  6. Segera luangkan waktu, rencanakan, dan laksanakan
    Omong kosong jika hanya membaca tips ini tanpa realisasi. Jangan hanya percaya dari apa yang sudah saya tuliskan. Buktikan sendiri bahwa NR pun bisa menjadi momen yang mengasyikkan.

Semoga kegiatan NR Anda berkesan..

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

You may also like

4 Comments

  1. Om setahun belakang ini saya kalo gowes selalu sendiri dimanapun dan kapanpun.. Saya nubi dan agak telat hobi gowesny.. Saat teman yg lain udah bosan saya baru mulai on fire buat gowes n jadi addict(curhat). Jadi kalo ada acara gowes bareng mohon info nya om.. Thx

    1. Halo om Adi, boleh tau domisili dimana? Kalo berminat tahu soal info kegiatan gowes, bisa add akun FB saya di Anom Harya Wicaksana om. Siapa tau juga bisa diskusi disana.

      Ditunggu ya om..

Leave a Reply