Cara Asyik Menyeberangi Laut dengan Kapal Ferry

Suasana di kapal Ferry
Suasana di kapal Ferry

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh banyak selat. Adapun pengertian selat adalah lautan yang menghubungkan 2 pulau atau lebih. Lamanya penyeberangan laut di Indonesia sangat bergantung pada jarak antar pulau dan jenis kapal yang digunakan. Menyeberang laut dengan durasi lebih dari 1 jam pasti sangat membosankan jika Anda tidak tahu bagaimana cara menikmatinya. 

Inspirasi tentang tips menyeberang laut dalam tulisan ini saya dapatkan saat menyeberangi Selat Lombok menggunakan kapal ferry. Perlu Anda ketahui, penyeberangan melewati laut penghubung Pulau Bali dan Pulau Lombok  membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Kalaupun tidak beruntung karena cuaca buruk atau kendala lainnya, kita bisa berada di atas kapal selama sekitar 6 jam. Tips di bawah ini saya lakukan agar menikmati setiap momen selama berada di kapal ferry.





1. Bawalah kantong plastik dan gunakan jaket

Namanya laut, angin pasti kencang. Jaket akan menjadi penyelamat dari kencangnya angin laut yang kadang membuat mual jika dinikmati terlalu lama. Nah, untuk kantong plastik sangat saya sarankan dibawa andai dalam tengah perjalanan terdapat perubahan kondisi cuaca. Cuaca yang tidak bersahabat akan membuat ombak membesar dan kapal pun ikut bergoyang-goyang memusingkan kepala. Jika sudah tidak kuat, keluarkan saja di dalam kantong plastik yang telah disiapkan.

2. Belilah bekal sebelum masuk kapal

Sudah bukan rahasia umum jika harga makanan yang dijual di atas kapal jauh lebih mahal dari yang sering kita temui. Mungkin Anda bertanya, jika tidak lapar untuk apa makan? Bagaimana jika penyeberangan Anda memakan waktu sekitar 4 jam dan bahkan lebih? Sudah pasti ada sedikit rasa lapar yang dirasakan. Makanlah sesuatu agar perut tidak kosong. Agar tidak mengeluarkan banyak uang untuk makan, sangat disarankan untuk membeli bekal sebelum masuk kapal.

3. Bawalah bekal secukupnya sebelum kendaraan masuk kapal

Pengalaman ini sempat saya rasakan saat menyeberangi Selat Lombok dimana bus yang saya tumpangi sulit untuk dibuka karena sempitnya jarak antar kendaraan yang diparkir. Saya sarankan untuk membawa bekal dan perlengkapan lain yang dibutuhkan saat Anda meninggalkan kendaraan menuju ke ruang tunggu penumpang.

4. Segera dapatkan tempat istirahat paling nyaman

Poin ini menurut saya adalah yang paling mutlak untuk direalisasikan ketika menyeberangi lautan selama sekitar atau lebih dari 4 jam. Banyak penumpang kapal yang berebut tempat paling nyaman dengan prinsip siapa cepat dia dapat. Kapal Ferry di Selat Bali tidak menyeediakan ruangan untuk berbaring karena hanya butuh waktu sekitar 1 jam. Berbeda dengan Kapal Ferry di Selat Lombok yang memakan waktu sekitar 4 jam, mereka menyediakan tempat berbaring untuk penumpang. Jika Anda santai-santai dan memutuskan untuk keluar dari kendaraan beberapa waktu setelah kapal melaut, saya yakin akan sedikit tempat nyaman yang bisa digunakan untuk beristirahat.

5. Siapkan buku / kamera / gadget / media hiburan lainnya

Tak ada salahnya menghibur diri sambil menunggu perjalanan yang memakan waktu lama. Lakukanlah berbagai hal yang disukai seperti membaca buku, mendengarkan musik, berbincang dengan penumpang lain, dan memotret. Tidur tidak akan membuat perjalanan laut Anda menjadi berkesan. Saya menyiasatinya dengan memotret dan ngobrol bersama penumpang lain yang kebetulan juga sedang memotret. Hasilnya, saya dapat koleksi foto baru dan juga ilmu baru. Betapa indahnya perjalanan saya 😀

Berikut adalah beberapa hasil foto saya selama berada di atas kapal ferry penyeberangan Selat Lombok. Selamat menikmati.

Human Interest di atas Kapal Ferry
Human Interest di atas Kapal Ferry
Human Interest di atas Kapal Ferry
Human Interest di atas Kapal Ferry
Landscape di atas Kapal Ferry
Landscape di atas Kapal Ferry
Landscape di atas Kapal Ferry
Landscape di atas Kapal Ferry

Menunggu bukan hal yang menjemukan kalau kita bisa menikmati waktu. Bagaimana asyiknya kegiatan selama berada di atas kapal ferry murni merupakan keahlian kita dalam memanfaatkan waktu. Jadi, jangan buang waktu selama berada di atas kapal ferry yaa 😀

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply