Bermain Paralayang di Kota Batu

Paralayang di Kota Batu
Paralayang in Action

Kota Batu merupakan salah satu kota / kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota yang terletak di ketinggian sekitar 680 – 1200 mdpl ini hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Malang. Saat hari libur akhir pekan dan hari libur nasional, Kota Batu selalu dipadati oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya dengan bersantai ria. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Kota Batu membawa serta anggota keluarganya karena kota yang sejuk ini memiliki banyak tempat wisata pendidikan seperti Batu Secret Zoo, Eco Green Park, Museum Angkut+, dll.

Paralayang di Kota Batu
Wisatawan siap diterbangkan

Tak hanya wisata pendidikan, Kota Batu juga memiliki tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan pecinta kegiatan tantangan. Dibantu oleh bentuk alamnya yang berbukit-bukit, wisata paralayang di Kota Batu menjadi berkembang pesat. Jika wisata selam mengharuskan kepemilikan sertifikat selam untuk menyelam di spot-spot tertentu, wisatawan yang baru dalam dunia paralayang pun bisa langsung mencoba bermain paralayang di Gunung Banyak. Perlengkapan yang aman dan instruktur berpengalaman siap membantu mimpi kita untuk terbang menggunakan parasut di atas pemukiman, perkebunan, dan diantara perbukitan.

Paralayang di Kota Batu
Paralayang siap diterbangkan..

Dengan membayar Rp 350.000, wisatawan sudah bisa mendapatkan pengalaman 1x ber-paralayang di Kota Batu dengan durasi sekitar 10 menit, asuransi, transportasi, dan dokumentasi selama mengudara. Beberapa wisatawan paralayang yang saya temui sebelum mengudara terlihat sedikit gugup karena mereka belum pernah merasakan terbang dengan parasut sebelumnya. Meski minim pengetahuan dan pengalaman untuk terbang, para instruktur sangat sabar dalam mengarahkan wisatawan agar sebelum terbang, saat terbang, dan saat mendarat berlangsung lancar.




Ketika terbang bersama instruktur (terbang tandem), wisatawan terus dimotivasi oleh instruktur bahwa tidak ada hal yang perlu ditakutkan selama berada di udara. Mereka diminta untuk menikmati momen sebelum mendarat di landing spot yang berada sekitar 200 meter di bawah Gunung Banyak. Jika sudah mendarat, wisatawan akan diantar kembali menuju Gunung Banyak (menggunakan ojek) untuk mengambil kembali kendaraan yang telah diparkir sambil mengambil dokumentasi dari pihak pengelola wisata.

Bukit Paralayang di Kota Batu Saat Malam
Paralayang in night

Selain wahana paralayang, pihak pengelola wisata Gunung Banyak juga menyediakan wahana Flying Fox yang dihargai Rp 15.000 per pack. Jika takut dengan ketinggian, wisata Paralayang dan Flying Fox pasti sangat dihindari. Jangan khawatir, Rp 5.000 yang telah dibayarkan sebagai retribusi masuk per orang tidak akan hangus begitu saja. Sebagai informasi, Taman Wisata Bukit Paralayang (nama lain Gunung Banyak) banyak didatangi oleh wisatawan baik siang maupun malam hari. Saat mengunjunginya pada malam hari, pemandangan lampu-lampu di kota Batu dan Kota Malang terlihat sangat indah dipandang mata. Jika ingin menikmati nightscape yang lebih indah  dari Bukit Paralayang, pastikan dulu langit di atas Kota Batu cerah sehingga tidak menghasilkan gambar seperti di atas. *sangat disayangkan, padahal modelnya datang jauh dari Jakarta 🙁

Sebetulnya banyak gambar yang saya dokumentasikan selama beberapa kali berkunjung ke Gunung Banyak / Bukit Paralayang. Beberapa foto yang tidak saya tampilkan dalam tulisan ini akan saya lampirkan dalam galeri foto flickr saya. Jika Anda secara sengaja / tidak sengaja menjadi subjek di dalamnya, mohon ijinkan saya untuk menampilkan wajah cantik / tampan Anda. Semoga makin beken setelah saya potret dan tampilkan dalam tulisan ini 😀

Tertarik bermain Paralayang di Gunung Banyak atau hanya sekedar jalan-jalan dan menikmati keindahan landscape-nya? Komentari saja artikel ini dan semoga saya bisa membantu memudahkan rencana perjalanan Anda.

Oh iya, taman wisata Gunung Banyak juga memiliki penginapan unik bagi wisatawan pencari ketenangan. Mau tahu lebih? Silakan baca tulisan saya di Omah Kayu – Rumah Kayu Unik di Tebing Bukit.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

2 Comments

  1. zul
    22/02/2016

    setiap hari selalu ramai kah dimalam hari ini rencana mau berangkat hari kamis malam

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      22/02/2016

      Bukit Paralayang di Gunung Banyak tidak setiap hari ramai. Kalau ingin sepi, silakan berkunjung bukan saat hari libur (akhir pekan, libur sekolah, cuti bersama, dll)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *