SUBSCRIBE to our newsletter

Nyatakan Sikap ‘Cinta Gajah’ Disini

Gajah, yang Sabar ya..
Gajah, yang Sabar ya..

Sudah banyak kita dengar soal berkurangnya jumlah satwa tertentu hingga mencapai kondisi yang kritis. Penghancuran habitat, penangkapan berlebih, hingga perdagangan ilegal membuat kehidupan satwa liar menjadi sangat rentan.

Berbicara soal bisnis, perputaran uang dalam perdagangan satwa secara ilegal ternyata bernilai sekitar USD$10 miliar per tahun1. Jual beli gading gajah adalah salah satu yang meramaikan pasarnya. Tidak heran banyak pihak yang berusaha menjual gading gajah karena harganya yang mencapai 600 juta rupiah2. Lantas mengapa gading gajah bisa laku dijual dengan harga se-fantastis itu?

Gading gajah diyakini sebagian besar orang sebagai jimat, media ukiran, dan kerajinan tangan lainnya. Di Jepang, gading gajah dipakai untuk memproduksi Hankos, yakni segel tradisional yang dipakai sebagai tanda tangan suatu perjanjian. Sedangkan di Cina, gading gajah dipakai untuk perhiasan kepercayaan diri dan melambangkan kekuatan finansial seseorang. Mungkin hal inilah salah satu penyebab yang membuat gading gajah masih laku dijual dengan harga tinggi.

Di Indonesia, kematian gajah akibat penyakit, konflik, maupun diambil gadingnya telah terjadi sebanyak 145 kasus sepanjang tahun 2004 – 2014. Dari banyaknya kejadian tersebut hanya 1 kasus yang dapat diproses hukum dan mendapat ganjaran 12 tahun penjara3.  Banyak kasus yang tidak dapat diungkap karena pihak kepolisian hanya mendapatkan barang bukti tanpa dapat menangkap atau membuktikan pelakunya.

Nah, beberapa waktu belakangan Polda Riau berhasil menangkap 8 orang pembunuh gajah beserta barang buktinya. Meski proses hukum sudah mencapai penyelidikan dan pengembangan, penangkapan ini dapat berpotensi untuk tidak dibawa ke pengadilan. Jika demikian, apa kita bersedia melepas mereka yang berperan dalam kepunahan gajah?

Kita tidak boleh tinggal diam! Jika ingin beraksi, disini tempatnya.

1http://www.mongabay.co.id/2015/01/04/inilah-daftar-13-spesies-amat-terancam-punah-di-dunia/

2http://www.nasibgajah.wwf.or.id/manfaat-gading-yang-hanya-sebatas-mitos/

3https://www.change.org/p/saya-sdh-nyatakan-sikap-utk-dukung-polda-riau-tuntaskan-kasus-pembunuhan-gajah-skrg-giliranmu-wwf-id

Share Post :

More Posts

Leave a Reply