Tips Berkunjung ke Sumber Pitu (Pujon, Malang)

Coban Sumber Pitu di Pujon
Coban Sumber Pitu di Pujon

Kurang nikmat rasanya jika berkunjung ke sebuah tempat tanpa persiapan yang matang. Dalam tulisan ini saya akan berbagi tips dan perlengkapan apa saja yang harus digunakan ketika berkunjung ke Coban Sumber Pitu (Gerojokan Pitu) yang terletak di desa Pujon Kidul – Malang.

Perlengkapan fotografi & non-fotografi

  1. Tripod, filter ND, kain lap lensa
    Tripod dan filter ND sangat berguna jika Anda ingin mengabadikan aliran air dengan format slowspeed. Kain lap lensa berfungsi untuk membersihkan bercak-bercak air yang terciprat dari aliran sungai. Membawa ultra wide lens sangat disarankan mengingat kondisi air terjun yang melebar.
  2. Pembungkus anti air
    Pujon merupakan daerah perbukitan yang terletak di atas ketinggian 1100mdpl. Intensitas hujan tinggi menyebabkan barang-barang elektronik beresiko rusak karena terkena air. Paling tidak gunakan tas yang memiliki pelindung semacam rain cover untuk mengamankan barang-barang elektronik.
  3. Sarung tangan
    Coban Sumber Pitu memiliki beberapa tebing curam yang melibatkan tali sebagai alat bantu. Memegang tali dengan tangan telanjang tak menjadi masalah. Menggunakan sarung tangan tentu lebih aman dan mengurangi resiko tangan menjadi lecet.
  4. Sepatu / sandal trekking
    Karena memiliki intensitas hujan tinggi, sangat besar kemungkinan jalur yang dilewati menjadi licin. Menggunakan sepatu / sandal yang didesain untuk berjalan di alam bebas tentu sangat membantu pergerakan.

Informasi tambahan

  1. Hindari musim hujan
    Intensitas hujan di daerah Pujon berkurang saat musim kemarau. Jika intensitas hujan berkurang, jalur menjadi padat dan lebih aman untuk dilewati. Mengenai aliran air, jangan khawatir karena air terjun ini selalu mengalir sepanjang waktu.
  2. Datang lebih awal
    Jika terpaksa harus berkunjung saat musim hujan, datanglah lebih pagi karena daerah Pujon sering turun hujan saat siang hingga sore hari. Sebisa mungkin pukul 08.00 WIB sudah tiba di gerbang / loket wisata dan kembali sekitar pukul 12.00 WIB. Dengan demikian Anda bisa lebih maksimal menghabiskan waktu di puncak tanpa khawatir kehujanan / melewati jalan yang licin.
  3. Tidak disarankan bagi yang takut ketinggian
    Jika tidak berani dengan ketinggian, berkunjunglah hingga sebelum tebing yang paling curam. Saya pikir tebing ini terlalu beresiko jika dilalui oleh orang yang takut ketinggian, terutama ketika menuruninya untuk pulang.

Semoga petualangan menuju Coban Sumber Pitu / Gerojokan Pitu mengasyikkan ya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

You may also like

13 Comments

    1. Aman atau tidak, bergantung kepada siapa yang menjaga anak tersebut. Jika sudah berpengalaman membawa anak ke tempat wisata alam dengan trekking, saya yakin aman.

Leave a Reply