Tips Hunting Foto Landscape di Pantai

Matahari terbit di Pantai Goa Cina (Malang)
Matahari terbit di Pantai Goa Cina (Malang)

Hunting foto landscape di pantai memang mengasyikkan. Ada kepuasan ketika foto-foto yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi.  Sebagian besar keberhasilan memotret tentu bergantung pada persiapan dan kreatifitas fotografer saat mengabadikan momen. Inspirasi ini saya dapat setelah beberapa kali hunting foto landscape di pantai. Apa saja gerangan?

  1. Pelajari pasang surut air laut
    Banyak aplikasi smartphone yang menyajikan informasi pasang surut air laut. Biasanya aplikasi ini juga memuat informasi soal waktu terbit dan terbenamnya matahari serta bulan. Informasi ini wajib dipelajari agar foto yang dihasilkan sesuai ekspektasi.
  2. Siapkan dan bawa perlengkapan memotret
    Sudah banyak artikel soal perlengkapan memotret landscape. Yang pasti, siapkan dan bawa tripod, CPL, dan GND. Khusus untuk tripod, perhatikan bagaimana ketahanan tripod jika terkena air laut. Jangan sampai tripod Anda mengalami korosi dan rusak akibat terendam air laut.
  3. Gunakan celana pendek
    Poin ini berhubungan dengan 2 poin sebelumnya. Jika air surut dan tripod tahan terhadap korosi, tidak ada salahnya merendam kaki dan tripod sehingga menjadi lebih dekat dengan objek foreground seperti kapal, batu karang, dsb. Tentu menggunakan celana pendek (disarankan di atas lutut) sangat membantu. Jangan lupa untuk mengamankan barang-barang elektronik di kantong celana agar tidak terendam air nantinya.
  4. Datang lebih awal
    Datang lebih awal membuat fotografer lebih leluasa mempersiapkan gear-nya. Selain itu fotografer juga memiliki waktu lebih untuk mengamati lokasi sebelum memutuskan spot mana saja yang akan menjadi lokasi pemotretan. Mempelajari arah cahaya juga sangat membantu terutama ketika objek foto sangat mengandalkan pencahayaan alami.
  5. Eksperimen komposisi
    Tidak ada pakem / standar khusus untuk memotret landscape di pantai. Semakin kreatif seorang fotografer dalam menentukan komposisi gambar, semakin bernilai pula foto yang dihasilkan.

Jadi mau hunting foto di pantai mana berikutnya?

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam njepret dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

2 Comments

  1. dedi
    01/08/2016

    mantap tips nya gan…

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      02/08/2016

      Terima kasih gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *