Tips – Melindungi Kamera Saat Hujan

Melindungi Kamera Saat Hujan. wikihow.com
Melindungi Kamera Saat Hujan. wikihow.com

Banyak momen yang tidak bisa dilewatkan dalam dunia fotografi. Tidak sedikit para fotografer yang menerjang halangan apapun demi mengabadikan momen yang menjadi imajinasi mereka. Sayangnya tidak semua perlengkapan fotografi diciptakan untuk tahan terhadap gangguan cuaca, contohnya air hujan. Lalu apa saja perlengkapan memotret yang harus dibawa saat musim hujan?

Perlengkapan memotret saat musim hujan:

  1. Tas dengan raincover
    Tidak semua tas kamera diciptakan untuk tahan air. Kebanyakan tas punggung bermerk outdoor gear akan disertakan rain cover sebagai perlindungan isi tas dari air hujan. Pastikan rain cover selalu menyatu dengan tas kamera saat musim hujan. Namun jika tas Anda tidak memiliki proteksi untuk air hujan, bacalah poin berikutnya.
  2. Dry bag
    Dry bag diciptakan untuk melindungi perlengkapan apapun dari genangan air. Secara teori perlengkapan apapun akan tetap kering selama berada di dalam dry bag meski dibawa berenang sekalipun. Dry bag sangat bagus bagi Anda yang menggunakan tas kamera berukuran kecil – sedang. Begitu hujan turun, masukkan semua perlengkapan memotret / tas kamera Anda ke dalam dry bag. Pastikan dry bag tertutup rapat dan yakinlah semuanya akan baik-baik saja.
  3. Payung kecil (lipat)
    Jika saat hujan masih harus memotret, payung kecil lipat yang sebelumnya diselipkan di tas kamera akan sangat berguna untuk melindungi kamera dan perlengkapan lainnya. Hanya mengandalkan perlindungan payung saat hujan lebat + angin sangat tidak disarankan. Lebih baik segera mencari tempat teduh untuk menghindari perlengkapan memotret basah terkena air hujan.
  4. Plastic Wrapper
    Pembungkus plastik yang bisa didapatkan di toko kue ini sebenarnya dibuat untuk melindungi makanan dari debu & lalat. Plastic Wrapper yang per rol-nya dihargai sekitar 15 – 25 ribu ini bekerja maksimal jika kita menggunakannya diantara sambungan body kamera dengan lensa, pada tombol-tombol di body, dan juga pada bagian built in flash. Menggunakan hanya plastic wrapper tidak membuat kamera lantas menjadi water resistant / tahan air. Kombinasi antara payung kecil dan plastic wrapper telah saya buktikan sendiri ampuh dalam melindungi kamera dari rintikan air hujan.

Tulisan ini dibuat sekaligus untuk mengenang beberapa kamera saya yang mati terkena air hujan dan air laut. Semoga beberapa tips di atas tidak membuat Anda kehilangan kamera karena serangan air.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam njepret dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

2 Comments

  1. cafe
    10/01/2016

    thanks yah tips nya. aku paling takut kameraku kena hujan

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      11/01/2016

      Terima kasih kembali om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *