Unique Race 2 dan Keseruan di Dalamnya

Peserta Serius
Peserta 2nd Unique Race

Sudah pernah dengar tentang Unique Race? Setelah sukses dengan seri pertamanya pada Oktober 2015 lalu, acara balapan unik ini hadir kembali untuk membakar semangat para pesepeda. Race kedua yang dihelat pada hari Minggu 6 Maret 2016 terbilang lebih seru dari seri sebelumnya.

Tidak berbeda dengan seri pertama, garis start untuk UR2 berada di Hutan Pinus yang berada di Kec Tutur (Kab Pasuruan) dan finish di Warung Renes (Welang, Kab Pasuruan). Pada Unique Race seri kedua hanya ada 1 jalur yang digunakan oleh peserta. Sedangkan saat seri pertama, setiap anggota tim yang terdiri dari 3 orang diwajibkan melewati 3 jalur yang berbeda.

Meski dijadwalkan akan mulai pukul 10.00, ternyata peserta sudah berdatangan pukul 8.30. Tanah lapang di hutan pinus yang luasnya setara dengan 4x lapangan bola basket terasa penuh sesak menjelang balapan dimulai. Tidak heran jika tanah seluas itu terasa penuh sesak karena menurut data pendaftaran ada 162 tim (setiap tim terdiri dari 2 orang) yang telah mendaftar.

Meski bertajuk RACE, tidak semua peserta ingin menjadi yang tercepat. Ada yang tetap santai bersepeda meski konsekuensinya harus menepi setiap ada rider tim lain yang akan menyalip. Tidak heran jika masih ada yang bersantai ria dalam sebuah event balap karena panitia ingin membuat sebuah event sepeda yang ‘abu-abu’.

Banner 2nd Unique Race
Banner 2nd Unique Race

Dikatakan ‘abu-abu’ karena acara ini diharapkan dapat menjadi sarana ‘unjuk gigi’ bagi para pengejar kecepatan dan juga menjadi sarana unjuk kreativitas bagi para pesepeda lainnya. Adapun yang dilombakan dalam 2nd Unique Race terdapat 3 kategori yakni tercepat, terlambat, dan paling serasi.

Pembalap tercepat mengikuti aturan balapan pada umumnya, mengejar waktu tercepat untuk menduduki podium 1, 2, dan 3. Pembalap dinyatakan paling lambat apabila menghabiskan waktu mendekati 77 menit. Untuk menjadi yang terlambat, para peserta harus disiplin membagi waktu sehingga bisa finish mendekati waktu 77 menit. Tidak heran jika pembalap terlambat sering melihat arloji atau penunjuk waktu yang telah mereka siapkan. Sedangkan pembalap yang paling serasi dinilai oleh juri dari aspek kostum, hiasan sepeda, dll.

Peserta kreatif dalam 2nd Unique Race
Peserta kreatif dalam 2nd Unique Race

Terhitung lebih dari 5 tim yang sangat kreatif dalam memadukan kostum. Tidak sedikit yang sengaja membuat jersey baru hanya untuk digunakan saat 2nd Unique Race. Lebih kreatif lagi, ada pula yang menggunakan pakaian SD, batik, kebaya, ala Charlie Chaplin, dan bahkan menggunakan lingerie milik istrinya. Tentu uniknya kostum yang mereka gunakan mengundang tawa peserta lainnya. Suasana persiapan menjelang balapan pun mencair dan berubah jadi ajang foto bareng peserta ‘unik’.

Sekitar pukul 13.30, hampir semua peserta telah mencapai garis finish. Panitia yang mengatasnamakan dirinya sebagai Hahahihih Mountain Rider hanya butuh waktu maksimal 30 menit untuk mengolah data dan kemudian mengumumkan pemenang lomba untuk setiap kategori.

Hahahihih Mountain Rider
Hahahihih Mountain Rider

Penasaran dengan pemenang setiap kategori? Inilah mereka:

Kategori Tercepat

  1. Tim WBTR dengan catatan waktu 32:34.237
  2. Tim N15 Racing Project 1 dengan catatan waktu 34:42.875
  3. Tim Hardtail Duck dengan catatan waktu 36:12.424

Kategori Terlambat

  1. Tim Seram Soulmate dengan catatan waktu 77:01.935 (selisih 1 detik dari 77 menit)
  2. Tim Sumo Wika 14 dengan catatan waktu 77:09.711 (selisih 9 detik dari 77 menit)
  3. Tim Bansher dengan catatan waktu 76:41.377 (selisih 19 detik dari 77 menit)

Penasaran dengan bagaimana penampilan peserta kreatif dalam 2nd Unique Race? Ulasan tentang kostum unik para peserta 2nd Unique Race ada disini >> “Kostum Unik dalam 2nd Unique Race“. Silakan dikunjungi.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

You may also like

3 Comments

Leave a Reply