Coban Ciblungan (Ampelgading, Malang)

Coban Ciblungan di pagi yang cerah
Coban Ciblungan di pagi yang cerah

Berbicara mengenai wisata alam, ternyata tidak ada habisnya jika kita mau berkeliling kawasan Malang Raya terutama di Kabupaten Malang. Tulisan ini akan membahas tentang wisata air terjun Coban Ciblungan yang berada di selatan Malang, tepatnya di Kecamatan Ampelgading. Penasaran?

Coban Ciblungan adalah air terjun yang terdiri dari beberapa aliran. Air yang jatuh dari tempat paling tinggi merupakan air yang berasal dari aliran sungai di atasnya. Sedangkan beberapa air terjun yang lebih kecil merupakan air yang berasal dari dalam tanah. Jika difoto dengan teknik yang tepat, air terjun ini indah sekali.

Jalan kaki hanya 5 menit
Jalan kaki hanya 5 menit

Ada beberapa alasan mengapa saya tertarik mengunjungi Coban Ciblungan. Selain karena kondisi air terjunnya yang unik, kemudahan untuk mencapai lokasi juga tidak seperti kebanyakan wisata air terjun yang berada di kawasan Malang Raya. Hanya 15 menit naik mobil dari jalan utama dan jalan kaki 5 menit dari parkir kendaraan, kita sudah bisa menyaksikan keindahan Coban Ciblungan.

Untuk menuju Coban Ciblungan tidak susah kok. Cari saja “Coban Ciblungan” di Google Maps. Jika keyword tersebut tidak ditemukan di Google Maps, gunakan saja kata kunci “Kantor Desa Sidorenggo”. Jika dari arah Kota Malang, jalan desa menuju Coban Ciblungan berada di kanan jalan sekitar 100m sebelum Kantor Kepala Desa Sidorenggo. Percayalah, air terjun ini sangat mudah sekali untuk ditemukan.

Selain itu ada alasan lain yang baru saya ketahui ketika mencapai Coban Ciblungan. Kondisi air terjunnya yang bersih tidak terlepas dari peran bapak-bapak penjaga Coban Ciblungan yang selalu membersihkan kawasan sekitar air terjun sebelum wisatawan datang. Tidak percaya? Datanglah sebelum pukul 07.00 WIB dan Anda akan menyaksikan mereka sedang membersihkan ranting, sampah plastik, dan benda-benda lainnya yang dianggap mengurangi keindahan Coban Ciblungan.

Swadaya Kebersihan Coban Ciblungan
Swadaya Kebersihan Coban Ciblungan

Jika ingin berkunjung ke Coban Ciblungan, siapkan dana Rp 5.000 sebagai tiket masuk per orang. Jika Anda membawa mobil, jangan khawatir karena jalan untuk menuju parkir kendaraan sudah relatif baik dan cukup untuk berpapasan 2 mobil. Parkir yang disediakan juga cukup luas. Jika Anda datang pagi, beruntunglah karena parkir mobil berada tepat di depan gapura Coban Ciblungan. Anda hanya perlu jalan sekitar 5 menit dari parkir kendaraan. Namun jika datang lebih siang, saya sendiri tidak tahu seberapa jauh lokasi parkir mobil dari gapura Coban Ciblungan. Maka dari itu, datanglah sepagi mungkin jika tidak ingin jalan jauh. Hehehe.

Coban Ciblungan dengan Ray of Light
Coban Ciblungan dengan Ray of Light

Oh iya, sebelumnya saya perlu berterima kasih kepada akun instagram @exploremalang yang dengan konsisten menginformasikan tempat-tempat indah di kawasan Malang Raya dan sekitarnya. Berkat kepo dengan akun ini semalam sebelumnya, saya bisa berkunjung ke Coban Ciblungan. Syukurlah.

Selain itu, terima kasih juga kepada @mdevyderia yang bersedia menjadi talent dalam video ini. Saya persembahkan video Coban Ciblungan kepada para penjelajah waktu luang yang haus dengan tempat-tempat baru nan indah. Selamat menikmati jes!!

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

4 Comments

  1. fandy achmad
    23/09/2016

    wih keren gan hasil shoot fotonya,saya kmren udah kesana tapi air terjun utama e g segede itu

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      05/10/2016

      Terima kasih gan. Mungkin waktu ke Coban Ciblungan sudah terlalu siang dan agan berkunjung saat musim kemarau. Jadinya debit air terjun di Coban Ciblungan kecil deh.

  2. arfanris
    28/10/2016

    settingan slow speddnya keren 🙂
    instagramnya tak follow ngeh 😀

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      28/10/2016

      Woooo terima kasih om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *