Motret Sunset di Pantai Kedungu (Bali)

Romantic Kedungu Beach
Romantic Kedungu Beach

Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan Pantai Kedungu. Pantai ini menarik perhatian saya karena ada beberapa akun IG yang sebelumnya sempat mengunggah foto air terjun di tepi Pantai Kedungu. Sangat indah jika diabadikan saat matahari terbenam. Mau tau lebih jauh tentang Pantai Kedungu?

Pantai Kedungu berada di sebelah barat Pantai Tanah Lot, tepatnya di Desa Kedungu (Kabupaten Tabanan). Letaknya yang sekitar 22 km dari pusat Kota Denpasar dapat dicapai sekitar 1 jam menggunakan sepeda motor. Mobil juga bisa mengakses pantai ini namun membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor. Jalan yang kecil ditambah dengan padatnya arus kendaraan wisatawan menuju Tanah Lot menjadi penyebab menggunakan mobil membutuhkan waktu lebih lama.

Kedungu Beach
Kedungu Beach

Jika ingin berkunjung ke Pantai Kedungu, bawalah pakaian kering untuk ganti setelah bermain air. Bagian pantai yang berpasir membuat wisatawan dapat bermain air laut tanpa banyak khawatir tergelincir batu karang licin. Ada juga aliran sungai dangkal menuju laut yang dapat dimanfaatkan untuk tempat bermain anak-anak. Orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya bermain di sungai ini karena arusnya tidak kencang. Soal kebersihan pun tidak perlu khawatir karena dari pengamatan saya tidak ada sampah yang mengalir melewati sungai.

Selain berenang dan bermain air, tidak sedikit orang berkunjung ke Pantai Kedungu untuk memancing. Mereka melempar umpan yang telah dikaitkan ke mata pancing dari tepi pantai. Semakin gelap semakin banyak pemancing berdatangan untuk mengadu keberuntungan. Anda suka memancing? Bawalah alat pancing dan umpan berupa potongan ikan kecil. Semoga bisa membawa pulang banyak ikan dari Pantai Kedungu.

Fishing at Kedungu Beach
Fishing at Kedungu Beach

Dari pengamatan saya sebelum berkunjung, ada beberapa orang yang memberi review lewat google bahwa Pantai Kedungu juga cocok untuk dijadikan tempat latihan surfing. Andai saya juga membawa lensa tele saat itu, mungkin momen mereka saat bermain ombak bisa terekam cantik di kamera. Jika Anda hobi fotografi dan ingin berkunjung ke pantai Kedungu, bawalah lensa lebar dan lensa tele (disarankan range 70 – 200mm). Saya yakin momen indah akan banyak terekam di kamera Anda.

Surfing at Kedungu
Surfing at Kedungu

Adanya air terjun di tepi pantai yang bisa diabadikan bersama dengan merahnya langit saat matahari terbenam adalah tujuan utama untuk berkunjung. Setelah sekitar 1 jam berkeliling pantai, tidak ada satupun air terjun yang saya temukan. Kalaupun ada, hanya tebing dengan air menetes yang dapat ditemukan di bagian timur pantai.

Usut punya usut, ada informasi lain yang menyebutkan bahwa air terjun di Pantai Kedungu hanya muncul saat musim hujan. Ternyata saya berkunjung bukan di waktu yang tepat. Mungkin saat musim hujan mendatang saya akan datang kembali ke Pantai Kedungu untuk mengabadikan keindahan air terjun, ombak pantai, dan juga merahnya langit di ufuk barat.

Kedungu Beach
Kedungu Beach

Oh iya, dari pengamatan saya selama di lokasi – sepertinya Pantai Kedungu cocok digunakan sebagai lokasi camping karena ada beberapa tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Selain itu juga ada beberapa toilet umum dan penjual makanan yang tetap buka hingga malam hari. Jika Anda backpacker dan bermodal sepeda motor untuk keliling Bali, saya sarankan untuk meluangkan 1 malam berkemah di Pantai Kedungu.

Anda penasaran untuk berkunjung ke Pantai Kedungu? Saya bagikan link petunjuk jalannya dan silakan buka menggunakan google maps. Semoga bisa mengabadikan momen indah di Pantai Kedungu..

<<Link petunjuk jalan menuju Pantai Kedungu>>

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jepret dan sukses untuk kita semua.

Share Post :

Tulisan Lainnya

Leave a Reply