Nusa Penida and How To

Kelingking Beach on Nusa Penida
Kelingking Beach on Nusa Penida

Siapa tidak kenal Pulau Bali? Saya dengar cerita dair beberapa rekan, bahkan ada beberapa turis yang mengira bahwa Indonesia ada di dalam Pulau Bali. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang Nusa Penida dan bagaimana untuk berkunjung ke Nusa Penida. Penasaran? Cekidot gan!!!

Nusa Penida adalah sebuah pulau eksotik yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Tidak berbeda dengan Pulau Bali, wisata pantai adalah magnet bagi turis domestik maupun asing untuk berkunjung ke Pulau Nusa Penida. Pantai Atuh, Broken Beach (Pasih Uug), Angels Billabong, Pantai Kelingking, Crystal Bay, Gamat Bay, Manta Point, Toyapakeh, dan masih banyak pantai lainnya bisa membuat liburan di Nusa Penida membutuhkan waktu lebih dari 1 hari.

Memiliki banyak tempat wisata membuat destinasi di Pulau Nusa Penida terpisah relatif jauh satu sama lain. Untuk berkunjung ke setiap tempat wisata, banyak lahan kosong (baik datar maupun lereng) yang menemani sepanjang perjalanan. Hanya semak dan beberapa jenis tanaman umbi yang ditanam untuk menghiasi lahan kosong. Kondisi ini sangat berbeda dengan kondisi Pulau Bali yang hampir setiap meter dihiasi dengan ruko, lapak, dan sejenisnya. Intinya, Nusa Penida sangat cocok untuk para pencari ketenangan. Dijamin tidak ada macet. Hehehe.

Toyapakeh Beach on Nusa Penida
Toyapakeh Beach on Nusa Penida

Untuk keliling Nusa Penida, wisatawan bisa menyewa motor yang biasanya tersedia di sekitar pelabuhan penyeberangan. Sewa motor pun dipatok relatif murah, sekitar 70 – 80rb per hari (bukan 24 jam). Tidak disediakan helm ketika wisatawan menyewa sepeda motor. Jika ingin mengutamakan keselamatan, bawalah helm sendiri. Namun jika ingin mengabaikan keselamatan (tidak disarankan), berhati-hatilah ketika mengendarai sepeda motor keliling Nusa Penida tanpa menggunakan helm. Waspadalah dengan kondisi jalurnya yang belum bagus karena setiap saya berkunjung ke Nusa Penida, ada saja wisatawan yang cedera karena kecelakaan tunggal (kebanyakan karena tergelincir).

Jika ingin membawa kendaraan sendiri, wisatawan harus menyeberang ke Pulau Nusa Penida melalui Pelabuhan Padang Bai. Letak Pelabuhan Padang Bai sekitar 2 jam dari Kota Denpasar. Kapal ferry mulai mengangkut penumpang dari Padang Bai sekitar pukul 12.00 WITA. Karena penyeberangan hanya 1x sehari, jangan heran jika tiket penyeberangan ludes terjual. Saran saya, tibalah di Pelabuhan Padang Bai paling tidak pukul 10.00 WITA.

Untuk kembali dari Nusa Penida, ada banyak opsi yang ditawarkan oleh beberapa operator kapal cepat. Pelabuhan yang digunakan oleh kapal cepat pun terletak mulai dari Desa Toyapakeh hingga ke arah utara, tepatnya di Desa Sampalan. Beberapa kapal cepat Nusa Penida – Bali akan berlabuh di tempat yang sama, yakni Pantai Sanur. Oh iya, pastikan sudah membeli tiket sehari sebelum kembali dari Nusa Penida agar tidak kehabisan.

Maruti Speeboad Sanur - Nusa Penida
Maruti Speeboad Sanur – Nusa Penida

Jika menggunakan kapal ferry untuk kembali dari Nusa Penida, wisatawan hanya mendapat jatah 1x penyeberangan dari Pelabuhan Sampalan. Tiket yang dibeli hanya berlaku untuk 1 hari, tidak bisa membeli tiket di hari sebelumnya. Oleh karena itu, siapkan diri Anda minimal pukul 8 pagi untuk membeli tiket kapal ferry yang tersedia di pelabuhan. Karena kapal akan berangkat sekitar pukul 10.00 WITA dari Sampalan, pastikan agar tidak sampai ketinggalan ya.

Info berikut adalah kisaran harga yang berlaku pada pertengahan 2016 untuk penyeberangan Bali – Nusa Penida (dan sebaliknya):

Rute Kapal Cepat : Sanur – Toyapakeh (dan sebaliknya)
Rute Kapal Ferry : Padang Bai – Nusa Penida (dan sebaliknya)

  • Kapal Cepat *turis domestik* —> Rp 75.000 (resmi)
  • Kapal Cepat *turis asing*—> Rp 200.000 (resmi)
  • Kapal Ferry *mobil kecil* —> sekitar Rp 270.000
  • Kapal Ferry *sepeda motor* —> Rp 38.000
  • Kapal Ferry *penumpang* —> Rp 31.000

Jika penasaran dengan destinasi wisata yang ada di Nusa Penida, silakan kunjungi link berikut:

Oh iya, tulisan saya yang berjudul ‘Tips Berkunjung Ke Nusa Penida‘ siapa tau dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri berlibur di Nusa Penida.

Selamat berlibur di Nusa Penida.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

15 Replies to “Nusa Penida and How To”

  1. mas kalo mau sewa motor utk nusa penida pinjemnya dmn?? disitu tercatat di pelabuhan penyebrangan ada.. mksdnya di pelabuhan smpe nusa penida banyak persewaan yaa? apa hrs bw dr sanurnya?

    1. Setahu saya pada Oktober 2016 tidak ada. Saya selalu berbelanja di warung yang berada di dekat pasar. Biasanya menjual barang dengan harga yang cenderung lebih murah. Selain itu juga banyak warung di Nusa Penida yang menjual makanan halal karena warga muslim di Nusa Penida cukup banyak terutama di Desa Toyapakeh.

    1. Halo om. Untuk menyeberang dari Nusa Penida menuju Nusa Lembongan (atau sebaliknya) bisa lewat Pelabuhan di desa Toyapakeh. Ada banyak kapal mulai dari ukuran kecil hingga besar yang meminta biaya Rp 20.000 per orang sekali jalan. Untuk jam melaut saya pikir tidak ada batas. Asal cuaca mendukung dan penumpang banyak, mereka bisa melaut kapan saja (bahkan dini hari).

Leave a Reply