Pantai Kelingking dan Susahnya Mencari Alamatnya

Kelingking Beach on Nusa Penida
Kelingking Beach on Nusa Penida

Judul yang saya tulis di atas sangat beralasan, terutama untuk pengalaman saya sendiri. Bayangkan, saya harus berputar-putar jalan dan bertanya ke lebih dari 5 orang untuk berkunjung ke Pantai Kelingking. Itupun masih nyasar. Hehe. Penasaran bagaimana agar tidak tersesat saat menuju Pantai Kelingking? Cekidot gan!!

Bentuk Pantai Kelingking mungkin familiar dengan para pecinta film Korea. Saya bukan pecinta film Korea tapi mengiyakan kalimat tadi setelah melihat foto pantai yang ada di dalam film ‘Descendant of the Sun’. Tebing yang menjorok ke laut dengan bentuk mirip seperti kepala dan leher Brontosaurus menjadi magnet bagi saya untuk mengunjunginya meski harus berperang dengan terik matahari.

Setelah sekitar 2 jam mengendari sepeda motor, akhirnya saya bisa tiba di Pantai Kelingking. Petunjuk jalan yang kurang jelas dan kurangnya pengetahuan warga mengenai destinasi wisata di sekitarnya membuat saya membuang waktu sekitar 1 jam di jalan. Tapi jika tidak tersesat, sepertinya saya tidak bisa berkunjung ke Saren Cliff Point.

Met locals at Saren Cliff Point
Met locals at Saren Cliff Point

Tidak heran jika banyak warga Nusa Penida (khususnya umur 30an ke atas) yang tidak mengetahui keberadaan Pantai Kelingking. Ternyata warga lebih familiar dengan nama Pantai Karang Dawa. Mereka mengenal Pantai Kelingking dengan nama Pantai Karang Dawa karena lokasinya yang berada di Desa Karang Dawa.

Selain nama Pantai Karang Dawa, pura yang berada di tepi tebing pantai juga dapat menjadi panduan Anda ketika bertanya ke warga setempat. Warga mengenalnya sebagai Pura Mobil. Entah mengapa pura ini dinamai Pura Mobil, yang jelas nama aslinya bukanlah Pura Mobil. Warga hanya familiar dengan nama tersebut dan kebetulan juga familiar bagi wisatawan. Jika Anda tersesat menuju Pantai Kelingking, bertanyalah kemana arah Pantai Karang Dawa atau Pura Mobil.

Pura Mobil on Kelingking Beach
Pura Mobil on Kelingking Beach

Berminat untuk berkunjung ke Pantai Kelingking? Berhati-hatilah ketika berkunjung ke Pantai Kelingking. Jalan yang rusak seringkali mencederai para wisatawan yang mengendarai motor sewaan. Jika ingin lebih siap dalam menghadapi kondisi seperti ini, bacalah tips untuk berkunjung ke Nusa Penida.

Selamat berlibur di Nusa Penida.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

4 Comments

  1. […] Kelingking Beach […]

    Reply
  2. […] untuk berkunjung ke Pulau Nusa Penida. Pantai Atuh, Broken Beach (Pasih Uug), Angels Billabong, Pantai Kelingking, Crystal Bay, Gamat Bay, Manta Point, Toyapakeh, dan masih banyak pantai lainnya bisa membuat […]

    Reply
  3. […] Sampalan atau Desa Toyapakeh, lokasi Pasih Uug relatif lebih dekat bila dibandingkan dengan lokasi Pantai Kelingking maupun Saren Cliff Point. Namun jangan sampai tertipu dengan persimpangan jalan yang tidak memiliki […]

    Reply
  4. […] ke Saren Cliff Point sebenarnya adalah kecelakaan bagi saya. Maksud hati ingin berkunjung ke Pantai Kelingking, malah nyasar ke Saren Cliff Point. Penasaran dengan cerita saya? Cekidot […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *