Pasih Uug & Angels Billabong

Pasih Uug / Broken Beach on Nusa Penida
Pasih Uug / Broken Beach on Nusa Penida

Sudah banyak beredar foto Pantai Pasih Uug dan Angels Billabong di media sosial. Sebenarnya kedua pantai ini yang membuat saya sangat bersemangat untuk berkunjung ke Nusa Penida. Penasaran dengan pantai yang menjadi salah satu ikon Nusa Penida? Cekidot gan!!

Sekitar tahun 2015 saya sempat tertipu dengan foto Pantai Pasih Uug. Entah karena kurang membaca deskripsi foto atau info yang tersedia bersama foto kurang lengkap, saya jadi berkunjung ke Pantai Batu Bolong yang terletak di dalam kawasan Tanah Lot. Bentuk Pantai Pasih Uug dan Pantai Batu Bolong hampir sama. Yang membedakannya adalah, wisatawan bisa turun (meski dilarang) ke Pantai Batu Bolong. Sedangkan untuk memotret Pantai Pasih Uug hanya bisa dilakukan dari atas tebing yang berada di seberangnya.

Dari Desa Sampalan atau Desa Toyapakeh, lokasi Pasih Uug relatif lebih dekat bila dibandingkan dengan lokasi Pantai Kelingking maupun Saren Cliff Point. Namun jangan sampai tertipu dengan persimpangan jalan yang tidak memiliki petunjuk arah yang jelas. Hal ini terjadi ketika saya berkunjung ke Nusa Penida untuk kedua kalinya. Akibat tidak awas dalam memperhatikan jalan, saya sampai nyasar ke pantai lainnya.

Jujur saja, pada kunjungan pertama saya kurang banyak mendapat informasi tentang destinasi wisata yang berada di Nusa Penida. Lokasi Angels Billabong yang bersebelahan dengan Pantai Pasih Uug luput dari radar kunjungan saya. Alhasil, saat itu saya tidak berkunjung ke Angels Billabong, padahal hanya berjarak 300m di sebelah barat Pasih Uug.

Pada kunjungan kedua, sudah pasti tidak boleh mengulang kesalahan yang sama. Dengan hanya jalan kaki sekitar 15 menit dari Pasih Uug melewati jalan tanah berbatu karang, saya sudah sampai di Pantai Angels Billabong. Pada kesempatan ini ingin rasanya balas dendam dengan cara ‘menjepret’ habis-habisan Pantai Angels Billabong. Namun sayang, karena kondisi ombak yang ganas tidak memungkinkan rekan-rekan traveling saya untuk berenang di kubangannya. Padahal dengan ada yang berenang sudah pasti akan menambah nilai estetika foto ini. Tak apa, nyawa lebih mahal dari sekedar momen.

Angels Billabong on Nusa Penida
Angels Billabong on Nusa Penida

Sudah puas dengan ‘bermain shutter’, kini waktunya untuk pulang. Kondisi jalan yang gelap, rusak, dan berkelok-kelok membuat kami harus ekstra berhati-hati. Jika ingin lebih siap dalam menghadapi kondisi seperti ini, bacalah tips untuk berkunjung ke Nusa Penida.

Selamat berlibur di Nusa Penida.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

5 Comments

  1. […] Broken Beach (Pasih Uug) & Angels Billabong Beach […]

    Reply
  2. […] Broken Beach (Pasih Uug) & Angels Billabong Beach […]

    Reply
  3. […] Cliff Point adalah sebuah tebing yang berada di sebelah selatan Pantai Pasih Uug (Broken Beach). Di pertengahan 2016, jalan untuk menuju Saren Cliff Point relatif masih rusak. Sekitar 1km […]

    Reply
  4. Dian
    04/07/2017

    Bisakah snorkling di pantai2 nusa penida?

    Reply
    1. Anom Harya
      Anom Harya
      05/07/2017

      Kalau ingin snorkling di Nusa Penida, saya sarankan di Crystal Beach. Cukup menggunakan sepeda motor kita sudah bisa tiba di tepi pantai. Kita bisa menyewa alat snorkling di warung yang berdiri di tepi pantai. Tidak membutuhkan kapal karena cukup berenang dari tepi pantai hingga sekitar 50 meter kita sudah bisa melihat keindahan bawah laut di Nusa Penida. Kalau ingin melihat sunset di Crystal Beach juga bisa. Pernah saya tulis di http://anomharya.com/2016/10/crystal-bay-sunset-di-nusa-penida/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *