Saren Cliff Point – Tebing Indah di Nusa Penida

Saren Cliff Point on Nusa Penida
Saren Cliff Point on Nusa Penida

Berkunjung ke Saren Cliff Point sebenarnya adalah kecelakaan bagi saya. Maksud hati ingin berkunjung ke Pantai Kelingking, malah nyasar ke Saren Cliff Point. Penasaran dengan cerita saya? Cekidot gan!

Saren Cliff Point adalah sebuah tebing yang berada di sebelah selatan Pantai Pasih Uug (Broken Beach). Di pertengahan 2016, jalan untuk menuju Saren Cliff Point relatif masih rusak. Sekitar 1km mendekati lokasi, sepeda motor kami dipaksa untuk bekerja lebih menghadapi jalan tanah bergelombang dan berbatu.

Sepertinya tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Saren Cliff Point. Ketika berkunjung pada hari kerja, tidak ada pengunjung selain warga lokal yang melakukan ibadah di sekitar lokasi. Terlihat beberapa pohon setinggi 5 meter dipasangi mainan ayunan sederhana. Tali tampar yang dihubungkan dengan kayu membuat Saren Cliff Point terlihat unik dibanding dengan wisata tebing pantai lainnya di Nusa Penida.

Ayunan di Saren Cliff Point
Ayunan di Saren Cliff Point

Setelah beberapa saat mengakrabkan diri dengan warga setempat, baru kami tahu bahwa pantai yang menjadi tujuan kami terletak cukup jauh dari Saren Cliff Point. Meski tidak sengaja berkunjung ke Saren Cliff Point akibat nyasar, saya tidak merasa menyesal pernah mengunjunginya. Anda berminat untuk berkunjung ke Saren Cliff Point? Ikuti petunjuk di bawah.

Dari Desa Sampalan menuju Saren Cliff Point, inilah rute yang harus Anda tempuh:

  • Desa Ped
  • Desa Toyapakeh
  • Desa Klumpu (belok kiri di pertigaan Crystal Bay – Klumpu)
  • Desa Bunga Mekar
  • Desa Batu Madeg (lurus di pertigaan Pura Batu Madeg)
  • Desa Sebuluh
  • Loket Pantai Tembeling (belok kiri; Rp 5.000 per sepeda motor)
  • Sebelum Pantai Tembeling, belok kiri di jalan beton setapak
  • Setelah nanjak di jalan beton setapak, belok kanan
  • Ikuti jalur aspal dan tanah, sudah ada petunjuk jalan dari kayu menuju Saren Cliff Point
Couple Photos on Nusa Penida
Couple Photos on Nusa Penida

Selamat berlibur di Nusa Penida.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

4 Comments

  1. […] Saren Cliff Point […]

    Reply
  2. […] Setelah sekitar 2 jam mengendari sepeda motor, akhirnya saya bisa tiba di Pantai Kelingking. Petunjuk jalan yang kurang jelas dan kurangnya pengetahuan warga mengenai destinasi wisata di sekitarnya membuat saya membuang waktu sekitar 1 jam di jalan. Tapi jika tidak tersesat, sepertinya saya tidak bisa berkunjung ke Saren Cliff Point. […]

    Reply
  3. […] lokasi Pasih Uug relatif lebih dekat bila dibandingkan dengan lokasi Pantai Kelingking maupun Saren Cliff Point. Namun jangan sampai tertipu dengan persimpangan jalan yang tidak memiliki petunjuk arah yang […]

    Reply
  4. […] Saren Cliff Point […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *