Info Penting Sebelum Berwisata ke Raja Ampat

Wisata Raja Ampat - marijelajahindonesiaku.com
Wisata Raja Ampat – marijelajahindonesiaku.com

Wisata Raja Ampat adalah destinasi wisata favorit di Indonesia. Berbagai pilihan objek wisata yang ada di sana diantaranya adalah, obyek wisata budaya, pantai, alam, hingga taman bawah laut.

Wisata ke Raja Ampat pasti akan menyenangkan karena disanalah salah satu surga wisata berada. Namun, mengingat objek wisata ini letaknya jauh dari Jakarta, maka wajar apabila biaya untuk pergi ke sana lebih mahal dibandingkan dengan pergi ke beberapa destinasi wisata di Indonesia yang lainnya.

Untuk bisa sampai ke sana, yang jelas tiket pesawat dari Jakarta (pulang-pergi) bisa mencapai Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000. Jika ingin lebih murah, Anda wajib mencari tiket promo.

Terbang menuju ke Sorong

Dari manapun Anda terbang, entah itu dari Jakarta, Surabaya, atau dari Makassar, tujuan utama penerbangan adalah bandar udara Domine Eduard Osok yang berada di Sorong.

bandar udara Domine Eduard Osok - static.panoramio.com
bandar udara Domine Eduard Osok – static.panoramio.com

Setelah mendarat di bandara Sorong, yaitu sebuah kota yang berada di Papua Barat, selanjutnya Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan Sorong. Dari bandara ke pelabuhan Sorong jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih 15 menit berkendara.

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan dari bandara menuju ke pelabuhan, diantaranya adalah: Angkot berwarna kuning. Biayanya kurang lebih Rp4.000. Tetapi, jika ingin lebih cepat dan lebih simpel, Anda bisa saja naik ojek dengan ongkos kurang lebih Rp15.000 – Rp20.000. Biaya tersebut sangat tergantung dari kemampuan Anda tawar-menawar dengan ojek.

Sebenarnya, di sana juga ada pilihan transportasi lain yaitu taksi. Akan tetapi tarifnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ojek atau angkot. Biasanya, dari bandara ke pelabuhan, biaya taxi kurang lebih Rp75.000.

Menyeberang ke Raja Ampat

Setelah sampai di pelabuhan Sorong, selanjutnya Anda bisa menyeberang dengan menggunakan kapal menuju ke kota Waisai di Raja Ampat. Setiap hari, kapal tersebut akan berangkat mulai pukul 14.00 dan hanya melayani satu kali penyeberangan perhari. Khusus untuk hari Senin dan hari Jumat, kapal akan berangkat jam 09.00 pagi.

Karena hanya ada satu kapal dan satu kali keberangkatan, maka bagi Anda yang sampai di Sorong sebelum waktu keberangkatan kapal, maka Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa langsung menyeberang.

Menyeberang ke Raja Ampat - Ayuarman.net
Menyeberang ke Raja Ampat – Ayuarman.net

Namun apabila Anda sampai pada sore hari, mau tidak mau Anda harus menginap di Sorong. Anda harus mencari hotel di sana. Dan tidak perlu khawatir, karena di dekat bandara ada banyak hotel dengan berbagai fasilitas dan harga yang bisa Anda sesuaikan dengan budget.

Membayar PIN sebelum menyeberang ke Raja Ampat

Hal penting lainnya yang perlu Anda tahu sebelum pergi ke Raja Ampat untuk berwisata adalah, ketika sampai di Sorong, sebelum menyeberang ke Raja Ampat, setiap wisatawan atau pengunjung wajib membeli PIN yang harganya sekitar Rp250.000 untuk wisatawan lokal (Indonesia). Sedangkan wisatawan asing harus membayar sekitar 1 juta rupiah.

PIN itu tersendiri sebenarnya berlaku untuk 1 tahun. Jadi, jika Anda kembali berwisata ke sana dalam waktu kurang dari satu tahun, maka Anda tidak perlu lagi membeli PIN. Biaya PIN tersebut digunakan untuk pemeliharaan di Raja Ampat.

Kapal untuk menyeberang dari pelabuhan Sorong menuju ke pelabuhan Waisai (Raja Ampat) merupakan satu-satunya transportasi yang digunakan oleh masyarakat sekitar atau wisatawan yang tergolong murah. Sehingga kadangkala tiket sangat cepat habis. Oleh karena itu, ada baiknya Anda buru-buru beli tiket jika tidak ingin kehabisan.

Harga tiket penyeberangan kurang lebih Rp120.000 hingga Rp150.000 tergantung dari pilihan kelas yang Anda ambil. Kelas ekonomi tidak terlalu menyenangkan, karena rata-rata orang akan mengambil tiket ini sehingga jumlah penumpang di kelas ini sangat banyak dan berjejal.

Lama perjalanan dari pelabuhan Sorong menuju ke pelabuhan waisai kurang lebih 2 jam.

Berwisata di Raja Ampat

Tempat wisata Raja Ampat yang mempesona dan terkenal tersebut menyajikan pemandangan alam yang indah baik di darat maupun di bawah laut. Setidaknya ada 600-an pulau berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni di sana.

Raja Ampat - papua-diving.com
Raja Ampat – papua-diving.com

Semakin jauh pulau yang Anda pilih sebagai tempat berwisata, maka pemandangan yang Anda dapatkan semakin banyak dan semakin indah.

Sesampainya di sana, Anda juga harus mencari tempat menginap berupa hotel atau homestay, atau bisa juga memilih tinggal di rumah penduduk. Tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hotel.

Objek wisata Raja Ampat yang paling dicari adalah tempat berenang, senorkeling, dan menyelam. Untuk pergi ke berbagai spot penyelaman, Anda harus pandai-pandai mencari teman untuk patungan biaya kapal. Karena pengeluaran paling besar untuk wisata ke Raja Ampat selain transportasi menuju ke Papua, adalah harga sewa kapal untuk pergi ke spot-spot penyelaman.

Biaya sewa kapal pulang-pergi sangat bervariasi, antara Rp3.000.000 hingga 10 juta rupiah. Belum lagi ditambah dengan biaya sewa alat menyelam dan snorkeling antara Rp200.000 hingga Rp500.000.

Alam bawah laut Raja Ampat - Touristexpedition.com
Alam bawah laut Raja Ampat – Touristexpedition.com

Itulah beberapa hal penting yang sebaiknya Anda tahu sebelum pergi berwisata ke Raja Ampat agar bisa mempersiapkan, atau setidaknya ada gambaran, kira-kira berapa biaya yang harus Anda siapkan sebelum memutuskan pergi berwisata ke sana.

Semoga bisa segera jalan-jalan di Raja Ampat yaaaa..

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

You may also like

Leave a Reply