Coban Rondo dan Wisata Seru di Dalamnya

Dancok di Coban Rondo
Dancok di Coban Rondo

Coban Rondo sudah dikenal sebagai tempat wisata air terjun yang terbesar di Kabupaten Malang. Aksesnya yang sudah baik membuatnya banyak dikunjungi wisatawan, bahkan dengan menggunakan bus. Tidak dibutuhkan trekking panjang untuk mencapai air terjun. Tapi, kapan terakhir kali Anda berkunjung kesana? Coban Rondo sudah menambah banyak fasilitas lho!

Air terjun Coban Rondo dalam slowspeed
Air terjun Coban Rondo dalam slowspeed

Kini Coban Rondo bukanlah wisata air terjun biasa. Banyak fasilitas yang melengkapinya sehingga di satu kawasan saja bisa membuat Anda ingin menghabiskan waktu seharian disana. Lalu apa saja objek wisata pelengkap yang berada di kawasan Coban Rondo? Inilah yang wajib Anda kunjungi:

Labirin

Terletak sekitar 300 meter setelah loket wisata Coban Rondo, kunjungilah beberapa objek wisata menarik yang terletak di sebelah kanan jalan.  Untuk memasuki labirin, wisatawan diwajibkan membayar Rp 10.000 per orang. Di dalam Labirin Coban Rondo, kita bisa jalan menyusuri tembok tanaman yang disusun rapi membentuk jalan dan simpangan membingungkan. Di tengahnya terdapat air mancur yang biasanya menjadi tujuan berjalan di dalam labirin. Sebagai pemandu, dengarlah suara air mancur agar lebih mudah untuk mencapai bagian tengah labirin. Untuk kembali ke jalan keluar, lebih baik menggunakan jalur saat berangkat. Kalau tersesat, mintalah bantuan ke orang yang berada di menara pengawas yang terletak di dekat pintu masuk. Semoga tidak tersesat yaaa.

Labirin di Coban Rondo
Labirin di Coban Rondo

Kandang Rusa

Tidak jauh dari labirin, kita bisa berkunjung ke kandang rusa. Tidak dibebankan biaya untuk masuk ke dalam kandang. Rusa yang berada di kandang tidak diikat sehingga memungkinkan wisatawan untuk berinteraksi langsung dengannya. Jika ingin lebih dekat, berilah mereka makan buah labu yang bisa dibeli Rp 5.000 per porsi. Jika sudah membawa labu, beberapa rusa akan mengikuti kemanapun Anda berjalan. Jika takut untuk berdekatan dengan rusa-rusa ini, naiklah ke tangga dan beri mereka makan dari atas. Kriuk kriuk, begitulah suara renyahnya labu yang sedang dikunyah oleh rusa. Kebahagiaan bertambah karena melihat wajah polos mereka seperti anak-anak yang bermanis ria ingin dibelikan mainan. Hehehe

Rusa di Coban Rondo
Rusa di Coban Rondo

Dancok

Jangan berpikir negatif dulu setelah membaca sub judul di atas. Dancok adalah singkatan dari Daun Coklat yang merupakan objek wisata baru di kawasan Coban Rondo. Untuk memasukinya, wisatawan wajib membayar Rp 2.500 per kepala. Ketika sudah masuk, kita bisa berfoto ria di atas bangunan panggung yang terbuat dari kayu membentuk daun tripartit. Terdapat kursi kayu di atas panggung tripartit yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan. Duduk di ujung panggung sambil mengamati pemandangan lembah Songgoriti terasa nikmat sekali. Jika ingin lebih santai, kita bisa pindah ke panggung kayu lainnya yang memiliki 2 buah hammock. Duduk atau berbaring di hammock adalah ide bagus untuk melepas kejenuhan kita. Cobalah!

Di dalam Dancok
Di dalam Dancok

Lembah Indehoy

Lembah Indehoy saat saya kunjungi pada November 2016 sepertinya masih dalam masa pembangunan. Dari Lembah Indehoy kita bisa menikmati pemandangan berupa rumah-rumah yang terletak di daerah Songgoriti. Saat malam tentu pemandangan ini menjadi semakin indah berkat cahaya lampu rumah yang berjumlah ratusan. Karena menghadap ke timur, sepertinya melihat momen matahari terbit dari Lembah Indehoy adalah ide yang bagus. Saya belum membuktikannya namun akan saya coba beberapa waktu ke depan. Oh iya, untuk menuju ke Lembah Indehoy siapkan kondisi fisik yang prima karena kita harus jalan naik turun bukit sekitar 300 meter. Menurut saya, Lembah Indehoy wajib Anda kunjungi selagi berkunjung ke Dancok dan Coban Rondo.

Lembah Indehoy di Coban Rondo
Lembah Indehoy di Coban Rondo

Tidak dipungkiri, jalan naik turun 300 meter menuju Lembah Indehoy dapat membuat kita lelah. Duduk sebentar sambil menikmati kopi atau minuman manis lainnya adalah ide yang bagus. Dancok Cafe menyediakan beberapa minuman dan makanan yang dapat mengembalikan energi Anda. Kopi Vietnam yang saya pesan disana cukup nikmat untuk disruput di tengah hari yang berawan. Sambil ditemani ngobrol oleh @mdevyderia, tak terasa sekitar 3 jam kami berada di area Dancok Coban Rondo. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi ngopi berbeda, berkunjunglah ke Dancok yang berada di kawasan wisata Coban Rondo.

Kafe Dancok di Coban Rondo
Kafe Dancok di Coban Rondo

Oh iya, jika penasaran dengan beberapa foto asli yang telah saya buat kolasenya pada tulisan ini – silakan berkunjung ke akun instagram saya @anomharyacom atau berkunjung ke album saya di flickr yang berjudul Coban Rondo. Anda bebas menggunakannya sebagai bahan informasi / promosi asal menyertakan link ke blog ini. Butuh kualitas yang lebih baik? Hubungi saja saya lewat kontak yang ada di bawah.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *