Bike Camp di Pamitra Bike Park

We Are Team

Meski bukan pengalaman pertama kali menunaikan ibadah bike camping, ibadah sebelumnya di Coban Rondo begitu berkesan sehingga saya sangat antusias ketika ada yang mengundang untuk hadir di acara bike camp sekaligus kumpul-kumpul MTB guide se Indonesia. Pamitra Bike Park memberi saya kesempatan untuk mencoba sensasi berkemah di kaki Gunung Arjuno. Penasaran?

Pamitra Bike Park baru dibuka sekitar akhir tahun 2016. Lingkungannya yang masih asri di ketinggian sekitar 1200 mdpl membuat bike park ini cukup nyaman untuk dijadikan sebagai lokasi bike park. Biasanya di ketinggian 1200 mdpl tidak terlalu dingin namun kita tetap dapat merasakan sensasi sejuknya pegunungan.

Suatu Pagi di Pamitra Bike Pakr

Selain sejuk, mata juga dapat terhibur ketika kabut tidak menutupi sisi utara dari lokasi kemah. Dataran tinggi yang tidak tertutup bukit apapun membuat kita dengan bebas menyaksikan pemandangan lampu rumah di perkotaan saat malam hari. Saat fajar datang, arahkan pandangan ke timur maka kita dapat melihat matahari terbit di balik pegunungan Bromo. Setelah langit agak terang, arahkan pandangan ke selatan maka kita akan dibuat takjub dengan gagahnya Gunung Arjuno + air terjun yang mengalir deras melewati tebing-tebing berundak.

Soal akses, kita dapat mencapai Pamitra Bike Park sekitar 30 menit dari jalan utama Surabaya – Malang. Jika berangkat dari Surabaya, arahkan kendaraan melewati Taman Dayu. Jika berangkat dari Malang, pilihlah jalur menuju Taman Safari Prigen. Jalur aspal yang dapat dilewati persis oleh 2 kendaraan (bahkan bus) akan mengarahkan kita menuju Villa Kaliandra.

Milkyway on Pamitra Bike Park

Loket masuk menuju Pamitra Bike Park terletak hanya sekitar 20m dari pintu masuk Villa Kaliandra. Setiap pengunjung domestik menuju Pamitra Bike Park dikenakan biaya Rp 75.000. Biaya tiket turis lokal tidak termasuk biaya loading perorangan yang hanya Rp 50.000 sepuasnya (sehari). Sedangkan turis internasional yang dikenakan biaya USD 25 per orang sudah mendapat fasilitas loading gratis sepuasnya.

Berbicara masalah kendaraan loading, disarankan menggunakan kendaraan yang disediakan oleh Pamitra Bike Park karena kondisi jalan yang cukup berat. Tanjakan berbatu makadam sepanjang 3km akan menyiksa mesin kendaraan Anda. Ditambah lagi kondisi jalan sempit yang hanya bisa dilewati 1 mobil tentu akan sangat merepotkan jika berpapasan dengan kendaraan lain.

Jika tidak ingin keluarkan biaya loading, gowes sampai puncak pun masih logis untuk dengkul kita. Saya pernah menghabiskan waktu sekitar 90 menit dari loket hingga ke puncak Gunung Ringgit (lokasi Pamitra Bike Park). Cukup melelahkan namun dapat terbayar oleh pemandangan indah dan gagahnya Gunung Arjuno.

Penasaran dengan bagaimana pengalaman saya saat loading menuju ke Pamitra Bike Park? Ini videonya

Penasaran dengan review jalur All Mountain dan Downhill yang dibuat oleh Pamitra Bike Park?

<<< [VIDEO] Review Pamitra Bike Park – All Mountain 1 >>>

Supaya ga ketinggalan update soal jalur sepeda dan juga reviewnya, subscribe saja akun youtube saya disini.

Oh iya, jika ingin berkunjung ke Pamitra Bike Park, saya tidak keberatan untuk diajak. Anda mau mengajak saya gowes di Pamitra Bike Park? Langsung kirim WA ke nomor telpon di bawah ya..

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam gowes dan sukses untuk kita semua.

Wajib Dibaca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *