Pantai Mengening – Spot Sunset Berbatu Karang

Temple on Mengening Beach

Di Bali ada banyak pantai yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menyaksikan momen matahari terbenam. Tidak banyak yang menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan. Namun karena pilihan wisatawan biasa dan penghobi fotografi biasanya berbeda, Pantai Mengening mungkin bisa jadi pilihan untuk mengabadikan sunset di Bali.

Couple on Mengening Beach

Pantai Mengening yang terletak di kawasan Desa Cemagi (Kabupaten Tabanan) memiliki sebuah Pura yang berdiri di tepi pantai. Pantai Mengening sepertinya menjadi favorit warga setempat untuk bermain air maupun sekedar duduk santai menikmati langit senja. Beberapa pengunjung yang saya lihat tidak dikenai biaya apapun. Hanya saya yang dibebankan Rp 10.000 karena membawa kamera. Rupanya hanya penghobi fotografi yang harus membayar tiket di pantai ini. Tidak perlu khawatir juga karena tiket ini bersifat resmi dari pihak desa setempat (bukan aksi premanisme).

Sunset on Mengening Beach

Ada 2 titik di Pantai Mengening yang menjadi lokasi favorit para fotografer landscape. Di sebelah barat Pura akan dijumpai beberapa batu besar yang dihempas ombak ketika air laut dalam kondisi pasang naik. Beberapa fotografer landscape yang saya temui hampir selalu mengabadikan momen ketika ombak menabrak batu karang. Sempat terdengar kabar juga bahwa salah satu dari mereka pernah memenangkan lomba foto dengan bermodal foto slowspeed saat ombak menabrak karang di Pantai Mengening. Oh iya, Selain fotografer landscape, lokasi di sebelah barat Pura juga menjadi favorit wisatawan lainnya untuk berfoto dan juga para pemancing yang sedang mencari ikan.

Sunset on Mengening Beach
Beralih ke lokasi yang berada di sebelah timur Pura, kita harus menuruni anak tangga yang dibangun di tebing setinggi 10 meter. Berbeda dengan di sisi barat, disini kita bisa menjadikan pasir hitam di Pantai Mengening sebagai foreground. Ada juga batu karang yang nampak ketika air laut sedang surut.

Pilihlah lokasi ini saat air laut tidak terlalu surut dan tidak terlalu pasang. Jika terlalu surut, penampakan batu karang sebagai foreground terlalu dominan padahal unsur ombak (motion) dapat membuat foto terlihat lebih hidup. Sedangkan jika terlalu pasang akan membuat batu karang tidak nampak sehingga hanya pasir yang dapat dijadikan sebagai foreground. Selain itu, ombak yang besar bahkan dapat mencapai lokasi anak tangga sehingga dapat membahayakan keselamatan kita dan kamera.

Penasaran? Berkunjunglah segera ke Pantai Mengening.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jepret dan sukses untuk kita semua.

Share Post :

Tulisan Lainnya

Leave a Reply