Foto Masyarakat Tepi Sungai

Human Interest Indonesia

Human Interest Indonesia

Fotografi human interest belakangan menarik minat saya. Hari ini saya berkesempatan untuk memotret kehidupan masyarakat yang berada di tepi sungai di daerah Pacet (Kab Mojokerto). Meski menggunakan perlengkapan yang ada di sekitar, saya sudah merasa sangat puas dengan hasil foto hari ini. Rasanya foto-foto human interest ini hidup karena melibatkan subjek dari warga setempat dan juga properti yang ‘tidak jauh’ dari kehidupan sehari-hari mereka.

Ages & Young” menjadi topik yang kami angkat karena saat di lokasi bertemu dengan beberapa anak-anak dan juga kakek-kakek yang merupakan warga sekitar. Mengambil setting awal di tepi sungai, kami libatkan 2 orang subjek sebagai penguat cerita di dalam foto. Jembatan dengan panjang sekitar 4 meter menjadi tempat mereka berinteraksi. Sungguh atmosfer yang mendukung untuk pemotretan human interest di tepi sungai.

Sinar matahari pagi yang muncul dari arah belakang subjek membuat rim light alami. Warna hangat mengangkat saturasi dedaunan yang menjadi background foto. Tentu cahaya utama (dari matahari) harus diimbangi dengan fill light. Dengan reflektor selebar 1 meter dan permukaan berwarna perak, area shadow yang jatuh di bagian depan subjek menjadi berkurang. Cahaya kuning yang dipantulkan dari matahari membuat tone kulit subjek menjadi lebih hidup sehingga terpisahkan dari warna bebatuan yang nyaris sama.

Setting berikutnya pindah ke tempat yang dekat dengan perkebunan. Matahari yang masih bersinar cerah serta pohon bambu membuat saya berpikir pasti ada potensi munculnya ray of light (ROL) disini. Secara alami saat berada disana tidak ada ROL yang dapat kami abadikan. Fogger telah disiapkan untuk menyiasati cahaya dan tempat seperti ini. Dan jadilah tambahan asap untuk  menampilkan ROL dan juga memperkuat suasana pedesaan.

Bagi yang penasaran dengan alat fogger yang saya maksud, telah saya tulis di “[DIY] Fogger untuk Efek Fotografi Berkabut“. Bagi yang bertanya tentang foto behind the scene, mohon maaf tidak bisa saya sediakan karena saat itu hanya fokus untuk memotret. Penasaran dengan foto human interest seperti ini? Yuk kapan-kapan kita hunting bareng.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam njepret dan sukses untuk kita semua.

You may also like

Leave a Reply