Motret Sunset di Masjid Salman Al Farisi

Aerial Masjid Salman Al Farisi
Aerial Masjid Salman Al Farisi
Aerial Masjid Salman Al Farisi

Memotret bangunan menjadi salah satu aktivitas bagi pecinta foto landscape yang tinggal di daerah perkotaan. Jika cukup jauh untuk pergi ke laut atau gunung, memotret bangunan mungkin bisa sedikit mengobati kerinduan dalam memotret. Salah satu bangunan yang bisa dipotret adalah masjid. Jika sedang berada di Malang, ada Masjid yang cukup cantik untuk difoto yakni Masjid Salman al Farisi.

Sunset di Salman Al Farisi
Sunset di Salman Al Farisi

Masjid Salman al Farisi terletak di daerah Dau, sekitar 10 km di sebelah barat pusat Kota Malang. Perbukitan yang terletak di sebelah barat masjid memungkinkan kita untuk memotret bukit sebagai background saat terbenamnya matahari. Selain itu, lokasi yang masih relatif sepi dari hunian membuat gambar relatif lebih aman dari gangguan kabel listrik. Hingga saat artikel ini ditulis, sepertinya pembangunan masih berjalan di sekitar area masjid. Masih ada beberapa bangunan pendukung yang belum selesai dibangun. Efeknya, cukup banyak alat dan sampah bangunan yang masih berserakan di sekitar masjid. Tanaman hias yang (sepertinya) baru ditanam pun belum menutupi lahan kosong yang menjadi foreground Masjid Salman al Farisi (gambar di atas). Jika dalam waktu dekat ingin memotret di Masjid Salman al Farisi, pastikan juga untuk membersihkan gambar dari sampah-sampah yang mengganggu ya.

Salman al Farisi saat Blue Hour
Salman al Farisi saat Blue Hour

Ternyata keindahan tidak terpancar hanya dari cahaya matahari saat terbenam. Ketika lampu di Masjid Salman al Farisi dinyalakan, cahaya hangat membuat bangunan utamanya menjadi lebih menonjol dibanding dengan bagian lain dalam gambar. Langit yang menjadi biru gelap menjelang malam (blue hour) menambah kesan damai dalam gambar. Jika langit saat Anda memotret tidak secerah dalam gambar di atas, siasati saja dengan teknik long exposure. Jika angin bertiup cukup kencang, mungkin awan yang berada di atas masjid bisa menambah kesan dramatis pada gambar. Jadi, pastikan juga untuk membawa tripod ya.

Berminat untuk berkunjung dan memotret di Masjid Salman al Farisi? Silakan ikuti petunjuk jalan yang disediakan oleh Google Maps (di atas). Selamat memotret ria!!

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam njepret dan sukses untuk kita semua.

You may also like

Leave a Reply