Penginapan Murah di Malang Saat Liburan

Sunset di Balaikota Malang
Sunset di Balaikota Malang
Daya tarik wisata sunset di Balaikota Malang

Menjelang musim liburan, biasanya hampir seluruh penginapan di Malang kebanjiran tamu. Kalaupun ada penginapan yang available saat musim libur, mungkin karena lokasinya kurang strategis atau bahkan harganya terlalu mahal (bisa 2x lipat dari harga normal). Jika mendapat kebebasan dalam menentukan jatah libur, book penginapan jauh hari sebelumnya memang baik karena masih ada banyak pilihan yang sesuai dengan kantong. Tapi bagaimana jika jatah libur kita baru di-acc (oleh atasan di kantor misalnya) beberapa hari sebelum kita berangkat liburan?

Tenang, tidak perlu khawatir untuk mendapat penginapan murah saat musim liburan karena selain hotel juga ada villa di Malang / Batu yang bisa kita book.

Kelebihan menginap di villa

  • Relatif lebih murah
    Harga sewa villa di Malang dan Batu relatif lebih murah daripada harga sewa hotel. Jangan heran jika villa dengan fasilitas oke dan harga relatif murah bisa laku lebih dulu daripada hotel. Satu hal yang paling membuat villa susah laku adalah karena sistem promosinya yang masih tradisional. Berbeda dengan hotel yang telah memiliki jalur promosi melalui situs sendiri, sosial media, dan yang pasti juga didaftarkan di situs penyedia akomodasi seperti traveloka.
  • Bisa berhemat
    Hampir semua villa di Malang dan Batu memiliki dapur. Sistem sewa villa ada 2 macam, sewa per kamar dan sewa rumah secara penuh. Dengan menyewa rumah secara penuh, dapur sudah pasti kita dapatkan sebagai fasilitas penginapan. Jika menyewa villa dengan hitungan per kamar, pastikan agar fasilitas dapur tetap dapat digunakan. Di dapur kita bisa memasak sendiri makanan sederhana yang tentu akan menghemat pengeluaran pada bagian makan.
  • Efisien waktu
    Hotel di dekat tempat wisata hampir bisa dipastikan memiliki harga sewa relatif mahal. Memilih villa yang dekat dengan destinasi wisata adalah pilihan cermat untuk menghemat waktu sekaligus keuangan. Dengan jarak yang dekat dari tempat wisata, kita bisa jalan kaki atau menggunakan kendaraan umum (angkot / taksi online). Tanpa menyewa kendaraan sehari penuh, kita sudah bisa berhemat pengeluaran pada bagian transportasi.
  • Eksklusif
    Sebuah villa di Malang / Batu hingga tulisan ini dibuat hanya dapat memuat tamu maksimal 100 orang. Umumnya kapasitas maksimal sebuah villa berkisar antara 10 – 30 orang. Dengan keterbatasan ini, justru kita bisa mendapat hak eksklusif untuk melakukan kegiatan apa saja di villa tanpa harus segan dengan tamu yang lain. Tentu kegiatan yang dilaksanakan tetap harus mengutamakan ketertiban dan keamanan bersama.
  • Lebih intim
    Banyak tamu wisata (terutama dari komunitas & corporate) yang telah saya bantu melalui OTTO tour berpendapat bahwa menginap di villa lebih berkesan. Biasanya sebuah villa menyediakan fasilitas bersama (seperti TV, karaoke, wifi, dll) di ruang keluarga. Hal ini membuat tamu menghabiskan waktu relatif lebih lama di ruang keluarga dibanding kamar masing-masing. Lebih banyak interaksi terjadi di ruang bersama sehingga antar anggota komunitas / kantor bisa lebih mengenal. Pengalaman inilah yang tidak bisa didapatkan ketika menginap di hotel.

Tips memilih villa untuk umum / keluarga

  • Sesuaikan lingkungan
    Ada villa yang terletak di tepi jalan utama dan ada pula yang terletak di tengah pemukiman dan bahkan di atas bukit. Ingin mendapatkan ketenangan atau ingin dekat dengan banyak fasilitas umum, silakan dipertimbangkan menjadi faktor utama dalam memilih villa.
  • Akses mudah & parkir luas
    Tidak sedikit villa yang didirikan di wilayah dengan akses jalan sempit. Jika menggunakan / menyewa mobil, pastikan akses jalan juga menjadi faktor utama dalam memilih villa.
  • Layanan tambahan
    Terkadang ada beberapa kebutuhan yang diperlukan saat menginap di villa seperti pesan makan, laundry, pijat, karaoke, dll. Pengelola villa yang berpengalaman cenderung memiliki solusi atas kebutuhan tambahan dari tamunya. Pastikan pengelola villa yang Anda pilih bekerja profesional dan telah berpengalaman.

Tips memilih villa untuk grup kantor / komunitas

  • Akses kendaraan besar
    Tamu wisata yang berasal dari kantor / komunitas biasanya berjumlah belasan hingga puluhan orang. Tentu alat transportasi massal dibutuhkan untuk keluar masuk villa. Pastikan akses villa dapat dilalui oleh kendaraan besar (Bus, Long ELF, Hi Ace, dll).
  • Pendukung aktivitas luar ruangan
    Kantor biasanya melakukan outing 1 tahun sekali. Dalam kegiatan tersebut biasanya ada aktivitas yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antar anggota. Jika harus dilakukan di luar ruangan, pastikan villa yang Anda pilih memiliki lahan / halaman cukup luas.
  • Ada ruangan luas untuk pertemuan
    Dalam rangkaian kegiatan biasanya diperlukan ruangan luas untuk kegiatan formal di dalam ruangan. Tidak banyak villa di Malang / Batu yang memiliki ruangan luas dan dapat digunakan untuk meeting. Harga sewa villa di Malang / Batu dengan ruangan meeting tidak jauh berbeda dengan harga villa pada umumnya. Ada yang menjadikannya sebagai fasilitas add-on (tambah bayar), ada pula yang menjadikannya fasilitas tanpa tambah bayar karena sudah book villa secara penuh (satu rumah). Komunikasikan saja dengan pengelola villa agar kebutuhan komunitas / kantor Anda dapat dibantu.

Masih bingung untuk memilih villa? Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda dalam menentukan villa di Malang / Batu. Jika komunitas / kantor Anda masih bingung dengan kegiatan selain berkunjung ke tempat wisata, mungkin bersepeda dapat menjadi pilihan. Ada jalur Cangar atau jalur Coban Rondo yang dapat kita jelajahi sambil menikmati pemandangan yang indah. Ingin gowes / bersepeda di Malang dan Kota Batu? Hubungi saya lewat Whatsapp di 085288776565.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam jalan-jalan dan sukses untuk kita semua.

Leave a Reply