Saham Aman & Menguntungkan Trader Pemula

ilustrasi harga saham
ilustrasi harga saham
ilustrasi harga saham

Saham mungkin menakutkan bagi semua orang yang belum pernah ‘terjun’ ke dalamnya. Banyak orang awam takut trading saham karena mendapat cerita buruk dari para pemula yang telah “habis-habisan” saat trading. Jika ada yang awalnya takut kemudian menjadi lebih berani mungkin karena telah mendapat profit. Namun sayangnya tidak sedikit yang ‘berhenti di tengah jalan’ ketika rugi (loss) besar atau saham nyangkut di harga tertentu.

Ada banyak cara untuk mendapat keuntungan (profit) dari transaksi saham (trading). Semua cara perlu dicoba agar dapat dirasakan hasil yang terbaik. Jika telah didapatkan hasil terbaik dengan cara tertentu, perlu konsistensi dalam menggunakannya. Sebelum berbagi lebih jauh, pembaca artikel ini saya asumsikan sudah memiliki akun trading di perusahaan penyedia transaksi saham (sekuritas) dan mengerti bagaimana cara transaksinya. Sebagai trader pemula, berikut adalah cara yang telah saya lakukan dan terbilang cukup mudah dalam mendapat profit.

  1. Bergabung komunitas
    Kita perlu bergabung dengan komunitas agar semakin mudah mendapatkan informasi. Komunitas yang telah saya ikuti adalah stockbit. Stockbit memberi ruang bagi investor dan trader untuk berbagi ide, berita dan informasi keuangan lainya secara real-time. Pengguna bisa membuat profil dan mengikuti saham tertentu atau investor favorit untuk mendapatkan informasi berharga dan bertukar pikiran. Fitur utama dari Stockbit yaitu “stream” terdiri dari ide-ide, grafik saham, link, dan data keuangan lainya. Stockbit menggunakan tanda “$” sebelum kode saham sebagai penandaan ide untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi tentang saham individu tertentu. Platform Stockbit juga terintegrasi dengan platform social media lainya, seperti Facebook, sehingga mudah untuk berbagi ide-ide di Stockbit ke akun Facebook pengguna. Stockbit dirancang dengan fitur yang terfokus dengan keperilakuan investor dan trader sehingga akan lebih berguna sebagai social media khusus investasi.
  2. Follow akun-akun ini
    Gunakan stockbit sebagai tempat untuk mendapat informasi lebih banyak soal rekomendasi saham dari para pakar. Di stockbit kita bisa follow YEF Advisor, Seirine Investama, Pilarmas Research, Valbury Sekuritas, Mirae Asset News, dan akun-akun lainnya jika dirasa kredibel. Menurut saya rekomendasi yang mereka berikan cukup akurat. Semakin banyak rekomendasi yang kita dapat akan memudahkan kita dalam memfilter saham-saham tertentu yang layak untuk dibeli.
  3. Perhatikan rekomendasi transaksi yang diberikan sekuritas
    Rekomendasi biasanya muncul di aplikasi pada malam hari dan atau beberapa menit sebelum pasar saham dibuka. Dengan bergabungnya beberapa sekuritas di stockbit, mungkin membuat trader tidak perlu lagi mendaftar dan menggunakan aplikasi trading dari beberapa sekuritas hanya untuk mendapatkan rekomendasi saham. Stockbit sudah sangat memudahkan saya dalam berinvestasi lewat saham. Terima kasih Stockbit!!
  4. Dapatkan rekomendasi saham dari HQSahamIDX
    HQSahamIDX menggunakan algoritma tertentu dalam mengambil keputusan. Hal ini membuat resiko kesalahan semakin kecil karena tidak melibatkan faktor emosional / psikis trader apalagi developer-nya. Ketika sudah membuka aplikasi dan masuk ke bagian menu “trading plan”, kita bisa mendapat rekomendasi saham yang layak untuk dibeli. Rekomendasi trading untuk 1 hari ke depan akan muncul beberapa saat sebelum atau setelah pasar ditutup pada hari itu. Selain itu, HQSahamIDX juga menyediakan analisa tiap saham jika kita ingin mempelajari saham tertentu secara teknikal. Karena menggunakan algoritma, bisa dikatakan bahwa HQSahamIDX murni merupakan analisa teknikal. Analisa teknikal saja tidak menjamin keberhasilan 100% dalam trading saham. Maka dari itu segala resiko trading tidak menjadi tanggung jawab developer-nya. HQSahamIDX dapat diunduh di tautan ini.
  5. Pelajari semua rekomendasi
    Kumpulkan semua rekomendasi dan pilih transaksi emiten yang paling banyak direkomendasikan. Beberapa trader memilih emiten ‘blue-chip’ karena bagi mereka cukup aman untuk berinvestasi kepada perusahaan yang memiliki nama besar. Jika ingin memperbesar peluang profit jangan hanya terpaku pada emiten ‘blue-chip’. Poin di bawah dapat menjelaskan saham perusahaan apa yang layak kita beli.
  6. Beli saham perusahaan (emiten) yang produk / jasanya sering kita beli atau familiar
    Pastikan untuk membeli saham dari minimal 5 perusahaan tersebut. Ibarat membeli telur dalam 1 keranjang, jika ada 1 atau 2 telur pecah maka masih ada minimal 3 telur yang utuh. Hal ini dapat meminimalkan resiko kita dalam kehilangan seluruh modal.
  7. Beli saham perusahaan dari jenis usaha yang berbeda
    Pasar saham diisi oleh banyak perusahaan dengan jenis usaha beragam seperti pertambangan, perbankan, retail, akomodasi, konstruksi, dll. Karena perusahaan yang menjual sahamnya tidak hanya dari 1 jenis usaha, pastikan jenis usaha emiten pada portofolio beragam. Semakin beragam jenis usaha emiten membuat portofolio lebih aman. Jika ada 1 jenis usaha yang sedang anjlok, tidak terlalu mempengaruhi portofolio.
  8. Perhatikan manajemen keuangan
    Tidak semua trading harus menghasilkan profit. Jika memang harus cut-loss untuk menghindari kerugian yang lebih besar, keputusan itulah yang terbaik. Toh dengan adanya modal membuat kita bisa trading lagi dan memungkinkan untuk profit lagi. Maka dari itu pastikan untuk menggunakan “uang dingin” sebagai modal dalam transaksi saham. Menggunakan uang sekolah anak apalagi uang makan tidak akan membuat kita tenang saat trading. Dengan berkurangnya gangguan emosional saat trading dapat membuat profit lebih mengalir. Setuju?

Nyangkut dan cut-loss itu wajar. Yang penting masih ada modal untuk transaksi lagi dan mendapat profit untuk menutup loss yang pernah kita dapat. Anggap saja cut-loss adalah nilai yang kita keluarkan untuk belajar karena belajar kita akan membuat kita menjadi trader yang lebih baik. Eh tapi kalo belajar terus, kapan kerjanya ya? Masa kerja bikin kita kehilangan uang? Maka dari itu banyakin kerja daripada belajar supaya lebih banyak profit daripada loss. Hehehe

Semoga trading kita di dunia saham menghasilkan keuntungan.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
Salam profit dan sukses untuk kita semua.

Tentang Penulis

Anom Harya

Hobi bersepeda, jalan-jalan, dan memotret. Suka menulis tentang sepeda, traveling, dan fotografi di anomharya.com. Bekerja penuh waktu di OTTO tour yang bergerak di bidang pariwisata. Jika ingin dipandu bersepeda atau memotret di Bromo / Malang, chat aja via WA ke +6285288776565 atau kirim email lewat link ini

Leave a Reply